Construct 2 adalah software untuk membuat game berbasis HTML dengan platform 2D yang dikembangkan oleh Scirra dengan metode drag & drop serta konsep Event & Action sehingga, membuat game menjadi sangat mudah.
Pertama kali dirilis sebagai mesin game DirectX 9 berlisensi GPL untuk Microsoft Windows dengan pemrograman Python pada 27 Oktober 2007, kemudian menjadi perangkat lunak berpemilik dengan Construct 2, serta mengalihkan teknologi API-nya dari DirectX ke NW.js dan HTML5, juga seperti menghapus Python dan menambahkan dukungan JavaScript dan plugin SDK-nya pada tahun 2012, dan akhirnya beralih ke model berbasis langganan sebagai aplikasi web.
Sumber: Wikipedia: https://en.wikipedia.org/wiki/Construct_(game_engine)
Pada manual kali ini akan dibahas sebagai berikut:
- Bab Ikhtisar
- 1. Start Page (Halaman Awal)
- 2. Interface (Antar Muka)
- 3. Struktur Project
- 4. Saving, Sharing & Collaborating
- 5. Testing dan Publishing
- 6. Platform yang didukung
- 7. Teknologi
- 8. Best Practice
- 9. Performance Tips
- Bab Interface (Antarmuka)
- 1. File menu
- 2. Ribbon
- 3. Project Bar
- 4. Properties Bar
- 5. Object Bar
- 6. Layers bar
- 7. Z Order Bar
- 8. Tilemap Bar
- 9. Bookmarks Bar
- 10. Layout View
- 11. Event Sheet View
- 12. Image dan Animation Editor
- 13. Dialogs
- 1. Dialog: About
- 2. Dialog: Add Behavior
- 3. Dialog: Add Condition/Action
- 4. Dialog: Add configuration
- 5. Dialog: Effect
- 6. Dialog: Event Group
- 7. Dialog: Event Variable
- 8. Dialog: Export Project
- 9. Dialog: Expression panel
- 10. Dialog: Image format
- 11. Dialog: Import audio
- 12. Dialog: Image points
- 13. Dialog: Import Sprite Strip
- 14. Dialog: Insert New Object
- 15. Dialog: Instance Variable
- 16. Dialog: New Project
- 17. Dialog: Object Instance Variable
- 18. Dialog: Object Behavior
- 19. Dialog: Parameter
- 20. Dialog: Preference
- 21. Dialog: Start
- 14. Keyboard shortcuts
- 15. Debugger
- Bab Project Primitives (Elemen Dasar)
- 1. Project
- 2. Layout
- 3. Layer
- 4. Object
- 1. Plugin
- 2. Object Type
- 3. Instance
- 4. Instance Variable
- 5. Behavior (Perilaku Object)
- 6. Effect
- 7. Family (Pengelompokan)
- 8. Container
- 5. Event (Peristiwa)
- 1. Cara kerja Event
- 2. Event Sheet
- 3. Condition
- 4. Action
- 5. Expression
- 6. Sub-event
- 7. Event Group
- 8. Comment
- 9. Include Event
- 10. Variable
- 11. Breakpoint
- 6. Files
- 7. Sound & Music
- Bab Behavior Reference
- 1. 8 Direction
- 2. Anchor (Jangkar)
- 3. Bound to Layout
- 4. Bullet
- 5. Car
- 6. Custom movement
- 7. Destroy outside Layout
- 8. Drag & drop
- 9. Fade
- 10. Flash
- 11. Jump-thru
- 12. Line-of-sight
- 13. No save
- 14. Pathfinding
- 15. Persist
- 16. Physics
- 17. Pin
- 18. Platform
- 19. Rotate
- 20. Scroll to
- 21. Sine
- 22. Solid
- 23. Timer
- 24. Turret (Menara/kubah)
- 25. Wrap
- Bab Plugin Reference
- 1. Common Features
- 2. 9-patch
- 3. AJAX
- 4. Array
- 5. Audio
- 6. Browser
- 7. Button
- 8. Dictionary
- 9. Facebook
- 10. Function
- 11. Gamepad
- 12. Geolocation
- 13. IAP
- 14. Intel XDK
- 15. Keyboard
- 16. List
- 17. Mouse
- 18. Node-webkit
- 19. Particles
- 20. Scirra Arcade
- 21. Sprite
- 22. Sprite font
- 23. Text
- 24. Textbox
- 25. Tiled background
- 26. Tilemap
- 27. Touch
- 28. User Media
- 29. Websocket
- 30. Webstorage
- 31. Windows 8
- 32. XML
- 1. Common Features
- System Reference
Komentar
Posting Komentar