1. Ikhtisar - 7. Teknologi
Construct 2 adalah membuat game berbasis HTML5, berjalan secara online di Web Browser dalam varian yang luas dari perangkat dan OS yang berbeda, termasuk perangkat mobile seperti smartphone dan tablet, untuk menjamin game buatan Anda dapat dimainkan oleh bermacam kalangan user sebanyak-banyaknya. Bagian ini berisi ringkasan teknologi yang digunakan. Ini barangkali ditujukan untuk para pembaca yang tertarik untuk melihat informasi teknis dan dapat dilewati bila Anda hanya ingin melihat detail penggunaan Construct 2.
Meskipun faktanya game Construct 2 dapat dibentuk menjadi varian platform yang berbeda seperti aplikasi native, teknologi dasarnya tetaplah berbasis game dengan HTML5 Engine.
HTML5
HTML adalah singkatan dari Hyper Text Markup Language. HTML adalah standar dari halaman web yang dibuat sejak berdirinya internet. HTML5 adalah revisi utama kelima dari standar HTML, dan mulai diadopsi luas pada tahun 2011. HTML5 memperkenalkan banyak fitur baru, tapi hanya beberapa saja yang digunakan untuk game. Namun, HTML5 masih merupakan cara yang paling tepat untuk menggambarkan teknologi yang digunakan untuk Construct 2 Game.
Javascript adalah bahasa pemrograman standar yang digunakan untuk memprogram halaman web, dan ini juga digunakan untuk memperkuat Construct 2 Game.
Yang menarik dalam HTML5 adalah tag: <canvas> yang baru diperkenalkan. Ini menciptakan permukaan persegi di halaman HTML Web di mana setiap gambar atau konten dapat digambar. Ini membuatnya ideal untuk sebuah game. Semua game Construct 2 menggunakan HTML5 Canvas dalam menampilkan game.
HTML5 sebanding dengan teknologi Adobe Flash yang mendominasi internet untuk game sebelum 2011. HTML5 merupakan umum (Industry-agreed Standard), bukan produk yang dikendalikan oleh satu perusahaan seperti Adobe. Flash berjalan sebagai Plugin dari browser, yang harus di-download dan diinstal secara terpisah, sedangkan HTML5 sudah terpasang (Built-in) di browser. Ini juga berarti HTML5 Game dapat berjalan di perangkat yang tidak dilengkapi dukungan Flash, seperti iPhone dan iPad. Dengan kelebihannya ini, HTML5 akhirnya akan menggantikan Flash di web.
Javascript
Javascript adalah bahasa pemrograman standar untuk web. Hal ini memungkinkan halaman web menjadi interaktif dan dalam banyak hal bekerja seperti aplikasi tradisional. Ini juga merupakan standar umum (Industry-agreed Standard).
Javascript bukanlah Java. Ini adalah dua bahasa pemrograman yang tidak terkait yang kebetulan memiliki nama yang mirip. Java Applet adalah teknologi lain yang bisa berjalan di halaman web, tapi ini adalah teknologi yang sama sekali berbeda dengan Javascript. Jadi, Anda jangan bingung antara keduanya: game yang dibuat di Construct 2 tidak perlu atau menggunakan Java untuk dijalankan.
Browser modern mengkompilasi Javascript ke kode mesin asli (atau instruksi CPU). Ini memastikan bahwa halaman web (termasuk game) menggunakan Javascript berjalan secepat dan seefisien mungkin.
Javascript termasuk Garbage-collection Language, yang membuat game rentan terhadap jeda (paused) atau kegagapan/tersendat-sendat (stuttering) dikarenakan Garbage-collection tersebut.
Construct 2 Game Engine dioptimalkan untuk menciptakan sampah seminimum mungkin, mendaur ulang Object sebisa mungkin. Bahkan seluruh Instance dari Object didaur ulang jika Object dihapus dan kemudian dibuat kembali. Ini membantu meningkatkan performa dan memastikan game berjalan semulus mungkin.
Plugin & Behavior SDK
Pemrogram Javascript dapat memberikan tambahan dengan Plugin dan Behavior yang mereka ciptakan sendiri.
Canvas Renderers
HTML Tag HTML5: <canvas> mendukung 2 cara yang berbeda untuk menggambar game ke halaman web: 2D Context sederhana, dan WebGL Context, berdasarkan OpenGL. WebGL sekitar 2 kali lebih cepat dari 2D Context dan memiliki lebih banyak fitur, termasuk efek pendukung, namun tidak didukung pada semua platform. Sebagian besar browser memiliki beberapa dukungan untuk WebGL, namun tidak selalu diaktifkan secara default. Construct 2 mendukung kedua teknologi tersebut untuk me-render game. WebGL dapat diaktifkan atau dinonaktifkan untuk setiap game di Project Properties. Umumnya disarankan untuk mengaktifkannya, karena game mungkin akan berjalan lebih cepat dalam Mode: WebGL, dan efeknya tidak dapat berfungsi tanpanya. Jika WebGL tidak didukung oleh komputer atau perangkat dari user, atau dinonaktifkan, Construct 2 akan kembali ke 2D Context. Dalam hal ini game bisa terus dimainkan, tapi mungkin berjalan sedikit lebih lambat dan tidak terlihat bagus.
Karena Internet Explorer tidak mendukung WebGL, jika Anda menggunakannya, Anda mungkin harus beralih ke browser lain yang mendukungnya seperti Firefox atau Chrome. Anda mungkin juga harus memberi tahu user lain yang memainkan game Anda untuk melakukan hal yang sama.
WebGL mungkin tidak didukung di sebuah komputer meskipun diaktifkan. Dalam hal ini 2D Context akan digunakan sebagai gantinya. Anda dapat memeriksa pe-render (renderer) yang sedang digunakan dalam game itu sendiri dengan System Expression: renderer, yang menampilkan status “canvas2d” atau “webgl”.
Obfuscation & Minification
Kode Javascript untuk game Anda diminimalkan dan dikaburkan (Obfuscated) dengan Google Closure Compiler. Ini dapat mengurangi ukuran download dan membuatnya sangat sulit bagi siapa pun untuk melakukkan kompilasi balik game Anda.
Gambar pada game dikompres dalam format PNG, juga dikompres lebih lanjut saat mengekspor untuk memastikan ukuran download sekecil mungkin.
Audio
Construct 2 Game Engine mendukung Web Audio API di Google Chrome untuk pemutaran efek suara latensi rendah yang andal. Di browser lain, HTML5 Standard Tag: <audio> digunakan sebagai gantinya.
Dukungan mode offline
Terlepas dari fakta bahwa HTML5 Game berjalan di Web Browser, Construct 2 Game menggunakan HTML5 AppCache untuk memungkinkan Anda menjalankan game secara offline juga. Ini sangat berguna untuk aplikasi web untuk iOS dan aplikasi web untuk Chrome Store, karena beberapa user mungkin offline saat menjalankan game. Selain itu, AppCache membantu menghemat bandwidth pada server sebagai game host (file dari game hanya akan diunduh satu kali, dan setiap kunjungan setelah itu, game akan dimuat secara lokal dari disk (saat memeriksa pembaruan di latar belakang). Poin yang paling penting adalah server Anda harus disiapkan untuk menyajikan file .appcache dengan MIME tipe: text/cache-manifest, jika tidak, dukungan offline tidak akan bekerja dan akan menyebabkan Anda membuang banyak bandwidth.
Komentar
Posting Komentar