Langsung ke konten utama

Construct 2 Indonesia Manual: Bab Elemen Dasar (Project Primitives) - 4. Object 5. Behavior

Behavior menambahkan fungsionalitas Pre-package ke Object Type, melalui dialog Object Behaviors. Lihat 5. Behavior Reference untuk informasi lebih lanjut tentang Behavior secara individu.

Contoh Behavior adalah 8-Direction. Ini seketika memungkinkan sebuah Object dapat dipindahkan posisinya dengan tombol panah keyboard. Ini membantu mempercepat pengembangan dan meningkatkan produktivitas. Behavior tidak dimaksudkan untuk melakukan segala hal dalam game Anda: Event System adalah tempat sebagian besar Game Logic Anda akan ditentukan. Behavior pada dasarnya menghemat waktu dan cara pintas. Sebagian besar Behavior dapat direplikasi dengan Event, namun akan memakan waktu lebih lama untuk melakukannya. Behavior sangat mudah disesuaikan/kustomisasi, namun jika Behavior tidak melakukan apa yang Anda benar-benar inginkan, Anda mungkin perlu melakukan reproduksi dengan cara yang disesuaikan melalui Event.

Semua Instance menggunakan Behavior dari Object Type. Anda tidak dapat menambahkan  Behavior hanya pada beberapa Instance – semuanya menggunakan Behavior yang dipasang pada Object Type – meskipun Anda mungkin dapat mengaktifkan atau menonaktifkan Behavior untuk Instance secara individual.

Beberapa Behavior menambahkan Property ke Properties Bar. Lihat 5. Behavior Reference untuk melihat Property dari masing-masing Behavior.

Beberapa Behavior juga memperluas Object yang ditambahkan pada Condition, Action dan Expression mereka sendiri pada Object Type. Ini ditunjukkan di sebelah Condition, Action dan Expression pada Object di panel Add Condition or Action dan Expressions.

Behavior juga bisa ditambahkan ke Family. Semua Object Type dalam Family mewarisi (Inherit) Behavior tersebut.


Komentar