Object: Particles dapat dengan cepat menciptakan efek visual dengan membuat dan memindahkan banyak gambar kecil secara mandiri. Ini adalah Object serbaguna yang mampu menghasilkan berbagai jenis efek visual. Ada beberapa contoh di dialog Start, mulai dari api hingga air mancur (Spring) (cari Particles dalam dialog Start). Gambar di bawah menunjukkan contoh salah satu Effect: Particles yang mungkin terjadi pada Object.
Object: Particles memiliki banyak Parameter untuk mengubah Behavior setiap Particles. Selain itu, diperlukan tekstur yang digunakan untuk menggambar setiap Particles. Seringkali titik putih sederhana di latar belakang hitam sudah cukup.
Blend mode: Additive bekerja sangat baik dengan Object: Particles. Mode tersebut membuat setiap Particles mencerahkan latar belakang daripada menempelkan bayangannya di atas latar belakang, dan memungkinkan Particles saling berbaur satu sama lain dan bukan sekadar tumpang tindih. Hal ini membuat Particles terlihat lebih mirip sumber cahaya. Gambar di bawah ini menunjukkan efeknya saat tekstur berwarna putih di latar belakang hitam.
Colored Effects bisa dibuat dengan menggunakan gambar Particles berwarna. Perhatikan bahwa karena Adiditive Effect mencerahkan latar belakang ke arah putih, Object apa pun yang menggunakan Additive Effect tidak akan muncul pada latar belakang putih. Effect tersebut bekerja paling baik pada latar belakang gelap.
Untuk informasi lebih lanjut tentang Blend Mode and Effect, lihat bagian manual tentang 3.13.5. Effects.
Object: Particles di Layout View
Object: Particles diwakili dalam Layout View oleh dua garis merah yang mewakili Particles kerucut (Cone) (sudut di mana Particle dimunculkan), dengan tekstur Particle di tengahnya. Tititk asal (Origin) Object: Particles adalah tempat Particle diciptakan. Contoh ditunjukkan di bawah di sebelah kiri, dengan efek pada saat Runtime di sebelah kanan.
Ukuran Object: Particles dalam Layout View tidak penting. Object akan secara otomatis mengukur dirinya pada saat Runtime agar sesuai dengan semua Particles yang telah diciptakannya.
Bagaimana Effect: Particles bekerja
Effect: Particles bekerja mirip dengan menggunakan Behavior: Bullet pada setiap Particles. Awalnya Particles ditembakkan ke depan pada kecepatan tertentu dan pada sudut di dalam Particles kerucut (Cone). Setiap Particles kemudian dikontrol secara individual dengan perubahan yang berbeda terhadap kecepatan, sudut, kepekatan dan ukurannya selama masa terbentuknya (Lifetime). Faktanya Particles bergerak secara independen dari yang lain sehingga membuat efek visual menjadi menarik. Berbagai sifat Object: Particles mengendalikan dengan tepat bagaimana Particles berubah dari waktu ke waktu dan perubahan acak apa yang dilakukan. Perlu beberapa waktu untuk mengubah Parameter untuk melihat efek yang mereka miliki untuk diri sendiri.
Ada 3 pengaturan yang berbeda untuk saat Particles hancur, diatur oleh Property mode: Destroy.
- Fade to invisible (Default):
Akan memudar setiap kepekatan Particles menjadi nol selama Timeout, menghancurkan Particles saat tidak terlihat. - Timeout Expired:
Akan menghancurkan Particles setelah beberapa waktu, tanpa mengubah kepekatannya (Opacity). - Particle stopped:
Akan menghancurkan Particle saat kecepatannya mencapai nol, tapi Anda harus berhati-hati untuk memastikan Particles melambat dengan percepatan negatif, jika tidak, Particles tersebut tidak akan pernah hancur!
Optimalisasi
Efek dengan Object: Particles lebih efisien daripada menciptakan efek yang sama dengan Object: Sprite, namun tidak dengan margin yang besar. Sama seperti Object: Sprite, Anda harus sadar bahwa menciptakan sejumlah besar Particles dapat memiliki dampak kinerja yang serius pada game Anda, terutama di ponsel. Gunakan Expression: ParticleCount untuk memantau berapa banyak Particles yang sedang dibuat. Pada sistem desktop, lebih dari beberapa ratus Particles cenderung mempengaruhi Framerate. Pada ponsel, penggunaan Object: Particles tidak dianjurkan sama sekali karena Framerate biasanya sudah dibatasi oleh Sprite yang ada dalam game; jika benar-benar diperlukan, menjaga jumlah Particle di bawah 50 di ponsel untuk performa terbaik.
Untuk mengurangi jumlah Particle, cobalah mengurangi jumlah (Rate) atau memperpendek batas waktu. Untuk mengimbangi, Anda bisa mencoba membuat ukuran Particle lebih besar sehingga efeknya tidak menjadi lebih tipis.
Particles Properties
Object: Particles memiliki sifat yang relatif banyak, yang terbagi menjadi 3 kelompok:
- Property: Particle Spray (berkaitan dengan Object: Particles itu sendiri),
- Property: Initial Particle (terkait dengan penciptaan Particles individu),
- Property: Particle lifetime (yang berkaitan dengan bagaimana Particle berperilaku setelah penciptaan).
Particle Spray Properties
- Rate
Jumlah Particles dibuat, per detik.
Jika Type: One-shot, ini adalah jumlah Particles yang ditembakkan. Perhatikan bahwa dalam mode: Continuous Spray, jumlah Particles keseluruhan mungkin jauh lebih tinggi daripada Rate tergantung pada Property lainnya. Perhatikan juga bahwa dalam mode: One-shot, Rate hanya dapat diubah segera setelah Object dibuat; Setelah Tick pertama, penggunaan Action: Set rate tidak akan berpengaruh. - Spray cone
Jumlah derajat di mana Particles ditembakkan.
Ini ditunjukkan oleh garis merah di Layout View. Gunakan 360 (derajat) untuk menembakkan Particles ke segala arah. - Type
Object: Particles dapat bekerja dalam 2 mode:
- Continuous Spray
: Akan membuat semprotan Particles yang konstan (Default). - One-shot
: Akan menciptakan satu ledakan Particles, jumlah total yang ditetapkan oleh Rate. Setelah semua Particles hancur, Object: Particles kemudian menghancurkan dirinya sendiri. Ini berguna untuk efek satu kali seperti: ledakan atau benturan. - Image
Klik untuk membuka editor gambar untuk mengedit gambar Particles.
Cobalah titik/tempat pada latar belakang transparan, atau latar belakang hitam dengan Effect: Additive.
Initial Particles Properties
- Speed
Kecepatan awal setiap Particles ditembakkan, dalam pixel per detik. - Size
Ukuran awal setiap Particles, dalam pixel.
Particles selalu ditunjukkan sebagai kotak. - Opacity
Kepekatan awal setiap Particles, dari 0 (transparan) sampai 100 (pekat). - Grow rate
Tingkat pertumbuhan awal (perubahan ukuran dari waktu ke waktu) untuk setiap Particle, dalam pixel per detik.
0 berarti Particle akan selalu memiliki ukuran yang sama. Nilai positif akan membuat Particles tumbuh, dan nilai negatif akan membuat Particles menyusut. - X randomiser
- Y randomiser
Offset awal posisi Particles.
Anda dapat membuat Particles yang dibuat di sepanjang garis atau dalam kotak dengan Property ini. - Speed randomiser
Penyesuaian acak terhadap kecepatan awal setiap Particles pada penciptaan.
Misalnya: Nilai 100 akan mengubah kecepatan awal masing-masing Particles hingga 50 pixel per detik lebih cepat atau lebih lambat. - Size randomiser
Penyesuaian acak untuk setiap ukuran Particles pada penciptaan.
Sebagai contoh: Nilai 20 akan mengubah ukuran awal masing-masing Particles hingga 10 pixel lebih besar atau lebih kecil. - Grow rate randomiser
Penyesuaian acak terhadap tingkat pertumbuhan masing-masing Particles pada penciptaan.
Misalnya: Nilai 10 akan mengubah tingkat pertumbuhan awal masing-masing Particle hingga 5 pixel per detik lebih besar atau kurang.
Particle Lifetime Properties
- Acceleration
Perubahan kecepatan Particles dari waktu ke waktu, dalam pixel per detik per detik.
Nilai positif akan membuat Particles semakin cepat, dan nilai negatif akan membuat Particles melambat. - Gravity
Akselerasi ke arah bawah yang disebabkan oleh gravitasi, dalam pixel per detik per detik.
Berguna untuk membuat air mancur atau Effect: Particles lainnya yang jatuh. Atur ke 0 untuk mencegah gravitasi yang memiliki efek pada gerakan Particles. - Angle randomiser
Perubahan acak maksimum ke sudut (Angle) Particles setiap selama masa terbentuknya (Lifetime), dalam derajat per detik.
Misalnya: Atur ke 0 untuk mencegah Particles yang selalu berubah arah, atau set ke 10 agar Particles bisa berubah hingga 5 derajat ke kiri atau kanan per detik. - Speed randomiser
Perubahan acak maksimum untuk setiap kecepatan Particles selama masa terbentuknya (Lifetime), dalam pixel per detik per detik.
Misalnya: Atur ke 0 untuk mencegah kecepatan berubah secara acak, atau set ke 100 agar Particles bisa melaju atau melambat 50 pixel per detik per detik. - Opacity randomiser
Perubahan acak maksimum untuk setiap kepekatan Particles selama masa terbentuknya (Lifetime).
Berguna untuk menciptakan efek kelap-kelip (Twinkling). - Destroy mode
Bagaimana setiap Particles saat hancur. Ada 3 mode yang tersedia:
- Fade to invisible
: Akan memudar setiap kepekatan (Opacity) Particles menjadi nol selama Timeout. Bila Particles menjadi tidak terlihat, maka Object tersebut kemudian hancur. - Timeout Expired
: Menghancurkan setiap Particles setelah Timeout telah habis, tanpa mengubah kepekatan. - Particle stopped
: Menghancurkan setiap Particles saat kecepatannya mencapai nol. Anda harus berhati-hati untuk menggunakan Percepatan (Acceleration) negatif, atau Particles tidak akan pernah hancur! - Timeout
Waktu Particles bertahan sebelum dihancurkan, dalam hitungan detik, tergantung pada mode: Destroy.
Particle Conditions, Actions, dan Expression
Sebagian besar Action dan Expression pada Object: Particles hanya mengatur atau mendapatkan nilai pada Property di atas. Lihat Properties di atas sebagai referensi. Condition, Actions dan Expression lain yang tidak terkait dengan Properties di atas didokumentasikan di bawah ini.
Untuk fitur yang sama dengan Object lainnya, lihat 6.1. Common Features (Fitur Umum).
Particles Conditions
- Is spraying
TRUE jika Particle Spray diaktifkan.
Particles Actions
- Set spraying
Mengaktifkan atau menonaktifkan semprotan (Spray), saat dalam mode: Continueous Spray.
Saat dinonaktifkan, tidak ada Particle baru yang tercipta.
Particles Expressions
- ParticleCount
Jumlah Particles yang dimiliki Object: Particles saat ini.
Hal ini penting untuk memastikan Anda tidak menciptakan terlalu banyak Particles sehngga dapat memperlambat game; lihat bagian Optimalisasi di atas. Perhatikan bahwa karena cara kerja Expression pada Construct 2, jika Anda memiliki banyak Instance dari Object: Particles, ini hanya akan mengambil jumlah Particles untuk salah satu Instance – gunakan System Action: For Each loop untuk menghitung jumlah Particles total dari beberapa Instance.



Komentar
Posting Komentar