Object: Keyboard memungkinkan Project merespons terhadap masukan (Input) dari keyboard.
Catatan: Pada web modern, naif untuk mengasumsikan bahwa semua user memiliki keyboard. Banyak user sekarang menjelajah web dengan perangkat layar sentuh yang tidak memiliki keyboard (Object: Keyboard juga tidak merespons masukan dari On-screen Keyboard pada perangkat sentuhan modern manapun). Oleh karena itu, jika game Anda menggunakan kontrol mouse atau keyboard secara eksklusif, tidak mungkin Anda menggunakan perangkat sentuh. Lihat Touch controls pada tutorial (https://www.scirra.com/tutorials/202/touch-controls-and-a-trick-to-detect-input-method) untuk sistem kontrol alternatif.
Perhatikan juga bahwa ada berbagai Layout keyboard yang digunakan secara internasional. Misalnya: jika Anda hanya menyediakan “WASD” sebagai kontrol arah, game Anda mungkin sulit dikendalikan pada keyboard AZERTY (http://en.wikipedia.org/wiki/AZERTY). Kontrol “ZQSD” mencakup tata letak keyboard AZERTY, namun ada banyak Layout keyboard lainnya (http://en.wikipedia.org/wiki/Keyboard_Layout#QWERTY-based_Layouts_for_Latin_script). Dalam kasus ini, juga mendukung tombol panah untuk kontrol arah akan mencakup sebagian besar keyboard internasional, namun ingat masalah yang sama berlaku untuk kontrol lainnya, tergantung pada tata letak tombol tertentu.
Browser shortcut keys (Tombol pintas pada browser)
Di beberapa browser, beberapa tombol adalah Shortcut untuk tindakan browser. Misalnya: Spacebar terkadang merupakan Shortcut untuk menggulir ke bawah halaman. Jika ada Event untuk On key pressed dengan kunci yang diberikan, Construct 2 memblokir browser untuk melakukan tindakan normalnya terhadap Shortcut key tersebut. Misalnya: Jika Anda ingin mencegah penggulir Space melakukan Scroll kebawah halaman, tambahkan Event: On Space pressed kosong (Tanpa diberikan Action), jika Anda belum menggunakan Condition tersebut.
Key codes (Kode tombol)
Ada kemungkinan untuk mendeteksi penekanan tombol dengan kode kunci numerik menggunakan Object: Keyboard. Key codes hanyalah sebuah nomor yang ditetapkan untuk setiap tombol yang mungkin ada di keyboard. Ini bisa berguna untuk menerapkan kontrol khusus (Custom), karena Key codes dapat disimpan dalam Variable.
Keyboard Conditions
- Key code is down
TRUE jika tombol (berdasarkan Key code) saat ini sedang ditekan (turun). - On key code pressed
Dipicu saat Key code tertentu ditekan. - On key code released
Dipicu saat Key code tertentu dilepaskan. - Key is down
TRUE jika tombol keyboard yang diberikan saat ini sedang ditekan (turun). - On any key pressed
Dipicu saat tombol keyboard ditekan. Berguna untuk ‘Title screen’ atau ‘Cut Scenes’. Key code tersebut diset dalam Expression: LastKeyCode. - On any key released
Dipicu saat tombol keyboard dilepaskan. Key code tersebut diset dalam Expression: LastKeyCode. - On key pressed
Dipicu saat tombol keyboard tertentu ditekan. - On key released
Dipicu saat tombol keyboard tertentu dilepaskan.
Keyboard Actions
Object: Keyboard tidak memiliki Action apapun.
Keyboard Expressions
- LastKeyCode
Mengambil Key code dari tombol yang terakhir ditekan. Ini berguna pada Condition: On any key pressed atau On any key released, untuk menentukan Key code dari tombol yang ditekan oleh user, yang berguna saat mengatur kontrol khusus (Custom). - StringFromKeyCode
Mengkonversi Key code numerik kembali ke representasi String. Misalnya: Action ini mengubah Key code: 65 menjadi String “A”.
Komentar
Posting Komentar