Langsung ke konten utama

Construct 2 Indonesia Manual: Bab 1. Ikhtisar - 3. Struktur Project

1. Ikhtisar - 3. Struktur Project


Sebuah project Construct 2 terdapat beberapa elemen sebagai berikut:


Semuanya dapat diakses melalui kotak project (Project Bar) yang berisi diagram pohon dari semua elemen dalam project. Item-item di Project Bar juga dapat disusun ke dalam subfolder (versi lisensi) yang sangat berguna dalam project skala menengah dan besar.

Informasi lebih lanjut akan dibahas pada bagian lain.

  • Layouts
    Desain Level, Menu, Title Screen dan penempatan Object.
    Pada aplikasi lain bisa merujuk kepada Scenes (adegan), Rooms, Frames dan Stages.
    Hal ini Akan dibahas lebih lanjut di
    Bab 3. Elemen Dasar (Project Primitives) - 2. Layout.


  • Event Sheets
    Daftar kejadian/Peristiwa (Events) yang mendefinisikan logika sebuah game.

    Dalam Construct 2, Event adalah alternatif dari programming atau koding (Scripting). Layout memiliki hubungan terhadap Event tertentu dalam penggunaan logika. Event Sheet dapat digunakan kembali di antara Layout yang berbeda dengan Event sheet includes.

    Event Sheet diedit di Event Sheet View.


  • Object Types
    Object Type mendefinisikan kelas dari sebuah Object. Misalnya ‘MusuhKecil’ dan ‘MusuhBesar’ dapat menjadi Object Type yang berbeda. Anda dapat membuat banyak Instance dari sebuah Object Type. Misalnya ada 3 Instance dari Object Type: ‘MusuhKecil’, dan 5 Instance dari ‘MusuhBesar’.

    Sangat penting untuk memahami secara jelas perbedaan antara Object Type dan Instance. Keduanya akan merujuk kepada hal yang berbeda di dalam penjelasan selanjutnya di petunjuk Manual ini. Anda akan membahas lebih lanjut mengenai Plugin, Object Type dan Instance.

    Object Type dapat digabung dalam sebuah kelompok menjadi sebuah Family.


  • System Objects
    Object: System menyediakan fungsi yang sudah terpasang (Built-in) di dalam Construct 2. Satu-satunya Object yang ada dalam sebuah project yang masih kosong.

    Object: System tidak dapat ditambahkan lagi (hanya ada satu) dan tidak bisa dihapus. Tidak ada Instance dari sebuah Object: System. Object: System selalu ada dan menyediakan akses ke aspek yang terpasang pada Construct 2 Game Engine.

    Condition, Action dan Expression yang berhubungan dengan Object: System akan diuraikan lebih lanjut pada bab: System Reference.


  • Sounds & Musics
    Tersedia file audio yang digunakan untuk Sound Effect dan Music dalam game.
    Sound biasanya digunakan untuk efek suara durasi pendek yang dibunyikan pada saat (Event) seperti Collision (tabrakan) dan Explosion (ledakan) terjadi.
    Music biasanya digunakan untuk suara musik berdurasi panjang.

    Sangat penting untuk menyusun audio yang sesuai karena:
    Sound di-download secara penuh sebelum dimainkan,
    akan tetapi Music dimainkan secara streaming (dimainkan secara langsung).

    Ini berarti jika Music Track secara tidak sengaja diletakkan di folder Sound, maka suara tersebut akan di-download secara penuh yang akan memakan waktu relatif lama sebelum Music itu dimainkan.
    Sebaliknya, Sound yang diletakkan di folder Music akan dimainkan secara streaming (langsung) dari Server.

    Kedua Object baik Sound dan Music harus tersedia dalam dua format:
    Ogg Vorbis (.ogg) dan MPEG-4 AAC (.m4a).
    Ini karena para pembuat Web Browser tidak dapat menyepakati salah satu format audio untuk Web, maka semua audio harus disediakan dalam 2 format agar bisa didukung oleh semua Web Browser.

    Internet Explorer dan Safari menggunakan format file .m4a, dan yang lainnya (Firefox, Chrome dan Opera) menggunakan file .ogg.
    Constuct 2 membantu dalam mengkonversi kedua Audio format ketika file audio diimpor.

    Untuk informasi lebih lengkap akan dibahas pada bagian:
    Bab 2. Interface (Antar Muka) - 13. Dialogs: 11. Import Audio
    dan
    Bab 3. Project Primitives (Elemen Dasar) - 7. Sound & Music.


  • Project Files
    Beberapa jenis file eksternal dapat diimpor ke dalam project.
    Untuk informasi lebih lanjut akan dibahas di bagian:
    Bab 3. Project Primitives (Elemen Dasar) - 6. Files.


  • Common Units
    Dalam Construct 2, terkadang Anda perlu memasukkan nilai seperti sudut (Angle), kecepatan, jarak, panjang dan lebar. Agar tetap konsisten, hal ini selalu menggunakan unit yang sama dalam Construct 2, kecuali terdapat catatan pada deskripsi atau tips yang ditunjukkan pada editor. Satuan ukuran umum dijelaskan sebagai berikut:

    • Position dinyatakan dalam pixel (px).
      Titik asal/Origin (0,0) adalah kiri atas dari Layout, dan Axis Y bertambah secara menurun (dari atas ke bawah).

    • Size dinyatakan dalam pixel (px).

    • Angle (sudut) dinyatakan dalam degree (derajat).
      0 derajat mengarah ke kanan dan penambahan searah jarum jam.

    • Time (waktu) dinyatakan dalam second (detik) (s).

    • Speed (kecepatan) dinyatakan dalam pixel per detik (px/s).

    • Acceleration (percepatan) dinyatakan dalam pixel per detik per detik (px/s/s).


  • Zero-Based Indexing
    Agar konsisten dengan bahasa pemrograman, semua fitur Construct 2 menggunakan sistem penomoran dari 0 (0-based indexing), bukan dari 1.

    Ini terlihat sedikit ganjil untuk pemula dan membutuhkan waktu untuk terbiasa, namun di banyak kasus sebenarnya jauh lebih mudah dibandingkan dengan 1-based indexing.

    Secara tradisional, daftar penomoran adalah:
    1, 2, 3…
    tapi dalam Construct 2 (dan semua bahasa pemrograman lain), adalah:
    0, 1, 2…


Komentar