Dialog Add / Edit Event Variable memungkinkan Anda untuk menentukan nama, jenis dan nilai awal dari Global Variable atau Local Variable dalam sebuah Event Sheet.
|
: | mengidentifikasi Event Variable. Ini diketikkan di sebuah Expression untuk mengambil/mengubah nilai dari Event Variable. Beberapa nama tidak boleh digunakan, misalnya: nama Expression seperti: System, karena akan menyebabkan konflik saat dimasukkan ke dalam sebuah Expression. |
|
: | menentukan jenis nilai yang ditetapkan terhadap Variable. Event Variable dapat menyimpan angka (Number) atau teks (teks biasanya juga disebut dengan String). Jenis dari Event Variable tidak bisa diubah – Anda tidak dapat menyimpan nilai teks ke dalam Variable angka dan sebaliknya. |
|
: | adalah angka awal untuk Variable bertipe Number, atau Text awal untuk Variable bertipe Text. Initial value untuk tipe Text boleh kosong. Initial text yang dimasukkan di sini tidak memerlukan tanda kutip ganda (Double Quotes: “ “) di sekitarnya. Dengan kata lain, Hello adalah entri yang valid, dan jika Anda memasukkan string “Hello”, Initial Text akan menyertakan tanda kutip ganda sebagai nilainya. Catatan: hal ini berbeda ketika memasukkan String (Text) ke dalam Expression yang membutuhkan tanda kutip ganda (“ “). |
|
: | adalah komentar secara opsional (boleh dikosongkan) yang dapat Anda gunakan untuk menjelaskan secara singkat Variable apa yang digunakan. Ini ditampilkan di sebelah nama editor untuk membantu mengingatkan Anda tentang Variable yang akan digunakan. |
|
: | hanya berlaku untuk Local Variable. Secara Default, Local Variable mengatur ulang ke Initial Value setiap Tick. Namun, jika Static dicentang, nilai Local Variable akan bertahan secara permanen, seperti: Global Variable. Static Local Variable berbeda dari Global Variable karena Variable tersebut hanya dapat digunakan dalam lingkupnya (Scope). Global Variable selalu mempertahankan nilai mereka secara permanen sehingga opsi Static tidak berlaku. Untuk informasi lebih lanjut tentang Local Variable, lihat 4.5.10. Event Variable. |
|
: | membuat nilai yang hanya bisa dibaca (nilai tetap / konstanta). Anda akan bisa membandingkan dan mengambil nilai, tapi tidak mengubah nilainya dengan menggunakan Action apapun. Ini berguna untuk merujuk ke angka misalnya: jumlah maksimum Nyawa pada Hero dalam game, tanpa harus mengulang angka pada Event Anda. Jika Anda ingin mengubah nilainya, hanya ada satu tempat yang perlu Anda ubah, yang jauh lebih mudah daripada harus memburu beberapa tempat untuk Anda masukkan angka tertentu dalam Event Anda. Menurut kaidah pemrograman (Programming Convention), nama Constant ditampilkan dalam huruf besar, misalnya: MAX_LIVES. |

Komentar
Posting Komentar