Langsung ke konten utama

Construct 2 Indonesia Manual: Bab 3. Elemen Dasar (Project Primitives) - 4. Object

Dalam Construct 2, Object melakukan sebagian besar pekerjaan berguna dalam sebuah Project. Sebagian besar hal yang Anda lihat dalam game Construct 2 diwakili oleh Object, dan ada juga Object tersembunyi untuk tujuan lain (misal: pemutar audio).

Saat memasukkan Object Baru, biasanya Anda terlebih dahulu memilih Plugin di dialog (misalnya: Sprite). Ini kemudian menciptakan Object Type (misalnya: TrollEnemy). Saat kursor mouse beralih ke tanda palang (Crosshair), ini memungkinkan Anda menempatkan Instance pertama, dan Anda dapat menduplikat Instance untuk membuat lebih banyak Instance lainnya.

Memahami perbedaan di antara elemen-elemen tersebut sangat penting dalam menggunakan Construct 2 secara efektif, terutama Object Type dan Instance. Object terdiri dari bagian berikut, diringkas di bawah ini. Ada juga bagian manual yang membahas detail lebih banyak pada setiap bagian.


Plugin

Plugin menentukan jenis Object. Misalnya: Sprite adalah salah satu jenis Object, dan Object: Audio adalah jenis yang berbeda. Semua Object tersebut masing-masing ditentukan oleh Plugin: Sprite dan Plugin: Audio.

Javascript Programmer dapat membuat Plugin baru (dan Behavior) menggunakan Javascript SDK (http://www.scirra.com/manual/15/sdk).


Untuk lebih detail, lihat: Plugin


Object Type (Object/Plugin yang di pasang pada Project)

Object Type mendefinisikan ‘kelas’ suatu Object. Misalnya, ‘TrollEnemy’ dan ‘OgreEnemy’ bisa jadi Object Type yang berbeda dari Plugin: Sprite. Kedua Object Type tersebut bisa memiliki Animation dan Event yang berbeda yang dapat diterapkan secara terpisah untuk terlihat dan bertindak secara berbeda, meskipun kenyataannya keduanya adalah Object: Sprite.

Untuk lebih detail, lihat: Object Type


Instance (Object Type yang diletakkan di Layout)

Dengan menggunakan contoh sebelumnya, jika ada 4 Object: ‘TrollEnemy’ dalam sebuah Layout, ini adalah Instance dari Object Type: ‘TrollEnemy’. Hanya ada satu Object Type: ‘TrollEnemy’, tidak peduli berapa banyak Instance yang dibuat. Semua Instance memiliki Event dan Artwork dari ‘TrollEnemy’. Demikian pula, mungkin ada beberapa Instance dari Object Type: OgreEnemy.

Untuk lebih detail, lihat: Instance


Instance Variable (Variable yang dipakai oleh Instance)

Instance Variable ditambahkan ke Object Type dan menyimpan angka atau teks di setiap Instance. Misalnya, jika Anda ingin Monster menyimpan jumlah nyawa/HP (Health Point) mereka sendiri, Anda bisa menambahkan Instance Variable ‘Health’. Hal ini penting untuk membuat game yang menarik – Instance Variable sangat berguna untuk membuat Instance bekerja secara independen satu sama lain.

Untuk lebih detail, lihat: Instance Variable


Behavior (Perilaku/sifat)

Behavior dapat ditambahkan ke Object Type untuk menambahkan fungsionalitas Pre-package. Misalnya: Behavior: 8 Direction dapat ditambahkan ke Sprite, dan bisa langsung digerakkan dengan tombol panah keyboard. Ini membantu mempercepat pengembangan game dan meningkatkan produktivitas. Behavior tidak dimaksudkan untuk melakukan segala hal dalam game Anda: Event System adalah tempat sebagian besar Game Logic Anda akan ditentukan. Behavior pada dasarnya menghemat waktu dan cara pintas. Sebagian besar Behavior dapat direplikasi/diganti melalui Event, namun memakan waktu lebih lama untuk melakukannya. Behavior sangat mudah disesuaikan (Customize), namun jika Behavior tidak melakukan apa yang Anda benar-benar inginkan, Anda mungkin perlu mereproduksinya dengan cara yang disesuaikan melalui Event.

Semua Instance dari Object Type menggunakan Behavior yang dipasang. Anda tidak dapat menambahkan Behavior hanya pada beberapa Instance pada Object Type yang sama – Semua Instance menggunakan Behavior yang dipasang pada Object Type - meskipun Anda mungkin dapat mengaktifkan atau menonaktifkan Behavior untuk Instance secara individu.

Untuk lebih detail, lihat: Behavior


Effect

Effect mengubah tampilan visual suatu Object. Effect tidak bekerja pada semua Platform, karena membutuhkan dukungan WebGL. Namun, Fallback dapat diatur sehingga semuanya tetap muncul secara wajar saat WebGL tidak didukung. Catatan: Effect terpisah dengan mode: Blend yang didukung pada semua Platform.

Untuk lebih detail, lihat: Effect


Family (Untuk mengelompokkan Object)

Family adalah kelompok Object Type. Ini dapat membantu menghindari pengulangan Event untuk Object Type yang berbeda dalam Project berskala besar.

Untuk lebih detail, lihat: Family


Container (wadah)

Container adalah fitur lanjutan (Advance) untuk memilih sekelompok Instance sekaligus pada Event. Ini berguna untuk membangun gabungan Object (Object yang terbuat dari beberapa Object, seperti ‘Tank’ yang terbuat dari Sprite: Base dan Sprite: Turret).

Untuk lebih detail, lihat: Container 




Komentar