Langsung ke konten utama

Construct 2 Indonesia Manual: Bab Behavior Reference - 21. Sine

Behavior: Sine dapat menyesuaikan Property dari Object (seperti posisinya, ukuran atau sudutnya) secara bolak-balik sesuai dengan gelombang sinus turun-naik (Oscillating) (http://en.wikipedia.org/wiki/File:Simple_sine_wave.svg). Behavior ini bisa digunakan untuk menciptakan efek visual yang menarik. Meski namanya adalah gelombang sinus, fungsi gelombang alternatif seperti “Segitiga” (Triangle) juga bisa dipilih untuk menciptakan efek yang berbeda. Sebuah visualisasi dari berbagai jenis gelombang dapat ditemukan di Wikipedia (http://en.wikipedia.org/wiki/File:Waveforms.svg).

Sebagai contoh dari mode Behavior: Sine yang berbeda, simak contoh jenis Behavior: Sine pada dialog Start.


Sine Properties

  • Active on start
    Jika NO, Behavior tidak akan berpengaruh sampai Action: Set active digunakan.

  • Movement
    Behavior: Sine memiliki 8 mode yang berbeda:

    • Horizontal
    : Menggerakkan Object ke kiri dan kanan pada sumbu X.

    • Vertical
    : Menggerakkan Object ke atas dan ke bawah pada sumbu Y.

    • Size
    : Membuat Object membesar dan menyusut.

    • Width
    : Membentang Object melebar dan menyempit.

    • Height
    : Membentang Object meninggi dan memendek.

    • Angle
    : memutar Object searah jarum jam dan berlawanan arah jarum jam.

    • Opacity
    : Membolak-balik kepekatan warna Object. Catatan: nilai kepekatan Object tidak bisa kurang dari 0 atau lebih dari 100.

    • Value only
    : Mode ini tidak mengubah Object. Ini hanya menyimpan nilai bolak-balik (Oscillating) yang dapat diakses oleh Expression: Value. Hal ini dapat berguna untuk menciptakan efek khusus (Custom) atau memodifikasi Property dari Object atau Behavior lainnya berdasarkan Behavior: Sine.

    • Forwards/backwards
    : Memindahkan Object dalam garis lurus bolak-balik sepanjang arah sudut (Angle) Object menghadap, seperti mode: Horizontal yang miring.


  • Wave
    Fungsi Wave digunakan untuk menentukan metode penghitungan pergerakan. Untuk visualisasi lihat diagram Wikipedia ini (http://en.wikipedia.org/wiki/File:Waveforms.svg).


    • Sine
    : Gerakan bolak-balik/osilasi halus yang halus berdasarkan gelombang sinus.

    • Triangle
    : Gerakan linier mundur dan maju.

    • Sawtooth
    : Linier dengan lompatan kembali untuk memulai.

    • Reverse sawtooth

    : Gerakan linier terbalik dengan lompatan kembali untuk memulai.
    • Square
    : Bergantian antara dua nilai maksimum.



  • Period
    Durasi dari satu periode siklus bolak-balik, dalam hitungan detik.

  • Period random
    Jumlah detik yang acak ditambahkan ke periode untuk setiap Instance. Ini bisa membantu memvariasikan penampilan saat banyak Instance menggunakan Behavior: Sine.

  • Period offset
    Waktu awal melalui siklus, dalam hitungan detik. Misalnya, jika Period = 2 detik dan Period offset = 1 detik, maka Behavior: Sine dimulai setengah jalan melalui sebuah siklus.

  • Period offset random
    Jumlah detik yang acak ditambahkan ke Period offset untuk setiap Instance. Ini bisa membantu memvariasikan penampilan saat banyak Instance menggunakan Behavior: Sine.

  • Magnitude
    Nilai maksimal dari perubahan pada posisi, ukuran atau sudut Object. Dalam pixel untuk mode: Position atau Size, atau derajat untuk mode: Angle.

  • Magnitude random
    Nilai acak yang ditambahkan ke Magnitude untuk setiap Instance. Ini bisa membantu memvariasikan penampilan saat banyak Instance menggunakan Behavior: Sine.



Sine Conditions

  • Compare magnitude
    Membandingkan nilai Magnitude saat ini.

  • Compare movement
    Membandingkan Property: Movement saat ini.

  • Compare period
    Bandingkan periode gerakan saat ini, dalam hitungan detik.

  • Compare wave
    Bandingkan Property: Wave.

  • Is active
    TRUE jika Behavior ini aktif.



Sine Actions

  • Set active
    Mengaktifkan atau menonaktifkan Behavior. Bila Disabled, Behavior sama sekali tidak mempengaruhi Object.

  • Set magnitude
    Tetapkan Magnitude siklus saat ini. Ini ada dalam pixel saat memodifikasi Size atau Position, dan derajat saat memodifikasi Angle.

  • Set movement
    Ubah tipe gerakan Behavior, misalnya: dari Horisontal ke Size.

  • Set period
    Tetapkan durasi satu periode siklus bolak-balik, dalam hitungan detik.

  • Set wave
    Mengubah Property: Wave dari Behavior, memilih fungsi gelombang yang berbeda untuk digunakan dalam menghitung pergerakan.


Sine Expressions

  • CyclePosition
    Untuk mengambil nilai dari 0 ke 1 yang mewakili kemajuan dalam melalui siklus saat ini. Misalnya: Pada saat tepat setengah jalan melalui siklus ini, menghasilkan nilai = 0.5.

  • Magnitude
    Untuk mengambil nilai Magnitude siklus saat ini. Ini ada dalam pixel saat memodifikasi Size atau Position, dan derajat saat memodifikasi Angle.

  • Period
    Untuk mengambil nilai periode saat ini dari satu periode putaran bolak-balik, dalam hitungan detik.

  • Value
    Untuk mengambil nilai bolak-balik (Oscillating) saat ini. Ini akan bergantian sebagai nilai positif dan negatif yang berpusat pada nol. Ini berguna jika ingin membuat efek khusus (Custom) saat berada dalam mode: Value only.




Komentar