Langsung ke konten utama

Construct 2 Indonesia Manual: Bab Plugin Reference - 9. Facebook

Object: Facebook memungkinkan Anda untuk mengintegrasikan game Anda dengan Facebook. Tutorial How to make a Facebook game (https://www.scirra.com/tutorials/58/how-to-make-a-facebook-game) mencakup cara mempublikasikan game di Facebook dan memiliki panduan langkah demi langkah untuk memulai dengan Object: Facebook. Bagian manual ini hanya akan menjelaskan fiturnya.

Object: Facebook bisa digunakan dalam game dari Webhost manapun, tidak hanya di game Facebook. Misalnya: Anda bisa memiliki game yang berjalan di server Anda sendiri. Object: Facebook masih memungkinkan Anda untuk berintegrasi dengan akun Facebook dari user bahkan saat user memainkan game di situs Anda. Namun, masih perlu mengirimkan aplikasi ke Facebook sehingga Anda memiliki Application ID. Aplikasi bisa dimasukkan (Submit) ke Facebook via Facebook Developers (http://www.facebook.com/developers).

Object: Facebook membuat ‘Asynchronous Requests’. Ini berarti game terus berjalan sementara operasi yang mungkin memakan waktu beberapa detik (seperti mengirimkan skor) secara lengkap di latar belakang. Oleh karena itu, Object: Facebook bekerja di seputar asas Action yang memulai sebuah tugas (seperti: Action: Publish score), yang kemudian memicu suatu Condition saat selesai (seperti Condition:  On score submitted). Ini mungkin terpisah beberapa detik dan game terus berjalan selam proses tersebut berlangsung, daripada membekukan game saat menunggu penyelesaian. Seperti kebanyakan ‘Asynchronous Requests’ lainnya, Action dapat diselesaikan dengan urutan yang berbeda dengan urutan semua Action tersebut buat.


Readiness (Kesiapan)

Object: Facebook butuh beberapa saat untuk load saat Startup. Jangan mencoba menggunakan Object: Facebook sebelum Condition: On ready terpicu atau Condition: Is ready = TRUE, kalau tidak, maka Action akan diabaikan.

Anda harus memasukkan Application ID agar Object: Facebook berhasil dimuat, bahkan dalam pengujian. Jika Anda tidak memasukkannya, Object tidak akan pernah menjadi siap. Ini karena Facebook mencegah Anda menggunakan API kecuali Anda memiliki    App ID sesungguhnya untuk mengizinkan pemanfaatan fitur-fiturnya.


Logging in

User harus berhasil masuk dengan akun Facebook mereka sebelum mereka dapat menggunakan fitur lain dari Object: Facebook, seperti memposting ke ‘Wall’ user. Hal ini dilakukan dengan Action: Log in, dan dikarenakan proses login bisa memakan waktu beberapa detik, Anda harus menunggu sampai pada Condition: On user logged terpicu sebelum menggunakan fitur lainnya.


Facebook Properties

  • App ID
    ID aplikasi yang diberikan untuk aplikasi Anda di bagian Pengembang (Developer) Facebook.

  • App Secret
    Ini hanya diperlukan jika Anda berencana menggunakan Scores API. Jika tidak, jangan masukkan App Secret. Rahasia aplikasi dapat ditemukan di bagian Facebook Developer untuk aplikasi Anda dan saat ini diperlukan untuk mengaktifkan Scores API.


Facebook Conditions

  • Is ready
    TRUE kalau Object: Facebook telah siap digunakan. Bila FALSE, Object: Facebook masih memuat skrip yang diperlukan, dan semua Facebook Action akan diabaikan.

  • Is user logged in
    TRUE jika user saat ini login dengan akun Facebook mereka.

  • On name available
    Terpicu segera setelah user masuk, saat Expression untuk mendapatkan nama user tersedia.

  • On ready
    Terpicu saat Object: Facebook siap digunakan. Sebelum ini terpicu, Object: Facebook masih memuat skrip yang diperlukan dan semua Facebook Action akan diabaikan.

  • On user logged in
    Terpicu saat user berhasil masuk. Ini juga terpicu saat Startup jika user sebelumnya sudah masuk, dan mereka telah kembali ke aplikasi dengan Login yang diingat. Ini juga terpicu pada awal setiap Layout sepanjang game saat user masuk.

  • On user logged out
    Terpicu jika user Log Out selama game berlangsung.

  • On hi-score
    Terpicu sekali untuk setiap Hi-score setelah Action: Request Hi-score board. Expression: HiscoreName, HiscoreRank and Score berisi informasi Hi-score terkini.

  • On score submitted
    Terpicu saat Action: Publish score berhasil diselesaikan.

  • On user top score available
    Terpicu saat Action: Request user top score telah berhasil diselesaikan.
    Expression: Score berisi nilai tertinggi dari user.



Facebook Actions

  • Log in
    Buka jendela popup yang meminta user untuk Login. Ini hanya dapat dipanggil dalam Event Input dari user, seperti penekanan tombol keyboard, Push Button, klik mouse atau ketuk layar sentuh. User dapat membatalkan di layar Log In sehingga Log In tidak dijamin akan berhasil. Dua izin (Permission) saat ini dapat diminta: Publish to stream (memungkinkan penerbitan otomatis ke dinding user) dan Action: Publish scores (memungkinkan penggunaan sistem Hi-score). Anda dapat meminta user untuk membuat posting dinding melalui sebuah dialog tanpa izin sama sekali – izin Publish to stream memungkinkan hal ini dilakukan secara otomatis. Jangan meminta izin yang tidak dibutuhkan aplikasi Anda.

  • Log out
    Logout user saat ini dari Facebook.

  • Prompt to share link
    Buka dialog yang meminta user untuk membagikan URL Anda di dinding mereka. Deskripsi dan gambar Thumbnail dapat diberikan secara opsional. Ini tidak memerlukan izin apapun, namun user bebas untuk membatalkan aksinya.

  • Prompt to share this app
    Buka dialog yang meminta user untuk membagikan URL ke aplikasi Facebook di dinding mereka. Deskripsi dan gambar Thumbnail dapat diberikan secara opsional. Ini tidak memerlukan izin apapun, namun user bebas untuk membatalkan aksinya.

  • Prompt wall post
    Buka dialog yang meminta user untuk membuat posting di dinding. Tidak ada konten atau tautan (Link) yang ditambahkan – ini adalah kotak teks kosong bagi user untuk mengetik apapun yang mereka suka. Ini tidak memerlukan izin apapun, namun user bebas untuk membatalkan aksinya.

  • Publish link
    Secara otomatis menerbitkan URL ke dinding user tanpa ada konfirmasi. Deskripsi dan gambar Thumbnail dapat diberikan secara opsional. Ini mengharuskan user masuk dengan izin: Publish to stream.

  • Publish wall post
    Secara otomatis mempublikasikan pesan ke dinding user tanpa ada konfirmasi. Ini mengharuskan user masuk dengan izin: Publish to stream.

  • Publish score
    Publikasikan skor numerik ke papan Hi-score (Hi-score Board) untuk game ini. Ini mengharuskan user masuk dengan izin: Publish scores. Saat Action selesai, akan memicu Condition: On score submitted.

  • Request hi-score board
    Minta Hi-score game. Ini mengharuskan user masuk dengan izin: Publish scores. Action ini akan berulang kali memicu Condition: On Hi-score sekali per skor pada papan Hi-score. Terserah Anda untuk memilih cara dalam menampilkan skor ini; Menambahkan setiap Hi-score ke Object: Text adalah cara sederhana untuk menampilkannya.

  • Request user top score
    Minta User top score untuk game ini. Ini mengharuskan user masuk dengan izin: Publish scores. Saat Action selesai, akan memicu Condition: On user top score available.



Facebook Expressions

  • FirstName
    Nama depan user. Ini hanya diset setelah Trigger Condition: On name available.

  • FullName
    Nama lengkap user. Ini hanya diset setelah Trigger Condition: On name available.

  • LastName
    Nama terakhir user. Ini hanya diset setelah Trigger Condition: On name available.

  • UserID
    ID dari user, yang dapat digunakan untuk membedakan user yang berbeda dengan nama yang sama. Ini hanya diset jika user telah Login.

  • HiscoreName
    Nama Hi-score board entry saat ini. Ini hanya diset dalam Event: On Hi-score.

  • HiscoreRank
    Peringkat papan Hi-score entry saat ini, dari 1 sampai jumlah Hi-score entry yang diminta. Ini hanya diset dalam Event: On Hi-score.

  • HiscoreUserID
    Mengambil User ID dari Hi-score board entry saat ini. Ini adalah unik meski dua orang di Hi-score board memiliki nama yang sama.

  • Score
    Mengambil nilai apakah Hi-score saat ini dalam Event: On Hi-score, atau skor user saat ini dalam Event: On user top score available.




Komentar