Langsung ke konten utama

Construct 2 Indonesia Manual: Bab Elemen Dasar (Project Primitives) - 4. Object 2. Object Type

Object Type adalah bagian utama dari desain game di Construct 2. Object Type didefinisikan sebagai 'kelas' suatu Object. Misalnya, ‘TrollEnemy’ dan ‘OgreEnemy’ bisa jadi Object Type yang berbeda dari Plugin: Sprite. Kedua Object Type tersebut bisa memiliki Animation dan Event yang berbeda yang dapat diterapkan secara terpisah untuk terlihat dan bertindak secara berbeda, meskipun kenyataannya keduanya adalah Object: Sprite.

Bisa terdapat banyak Instance dari suatu Object Type dalam sebuah Project. Misalnya: Anda mungkin berharap ada 4 Object ‘TrollEnemy’ yang menunggu ‘Player’ dalam sebuah game. Keempat Instance ini memiliki Animation, gambar, Behavior, Variable dan Event yang sama. (Dalam kasus Instance Variable, setiap Instance menyimpan nilai uniknya sendiri, misalnya untuk nyawa/HP, dan Behavior juga bekerja secara independen untuk setiap Instance)

Object Type tidak memiliki posisi, sudut atau ukuran. Ini adalah Property dari Instance. Project Bar dan Object Bar menampilkan Object dalam Project, tapi bukan Instance-nya. Anda juga dapat menambahkan, mengubah nama dan menghapus Object Type dari Bar tersebut.

Event dibuat untuk diterapkan pada Object Type. Event tersebut kemudian menyaring (Filter) Instance yang memenuhi syarat. Misalnya: Event “Bullet bertabrakan dengan Alien” adalah Event yang berlaku untuk semua Instance dari Object Type: Bullet dan Alien. Namun, saat Event berjalan, Action hanya berlaku untuk Instance secara spesifik, yang terlibat dalam tabrakan. Untuk informasi lebih lanjut, lihat bab Elemen Dasar (Project Primitives) - 5.1. Cara kerja Event.

Object Type juga dapat dikelompokkan bersama ke dalam Family. Ini dapat membantu menghindari pengulangan Event yang sama untuk Object Type yang berbeda.




Komentar