Object: Sprite font menggunakan gambar dalam menampilkan teks. Sprite font adalah gambar Object, yang berisi Grid dari setiap karakter/huruf yang bisa digambar. Dengan menggambar bagian-bagian dari gambar ini secara berurutan, String/teks dapat diberikan. Hal ini memungkinkan kontrol artistik yang lengkap bersama dengan tampilan teks, daripada harus memilih dari Font yang ada.
Perbandingan dengan Object: Text
Baik Object: Sprite font dan Object: Text dapat menampilkan teks dalam game. Biasanya Object: Text menunjukkan karakter monokrom dari font yang ada atau Font dari web, yang dapat menggunakan berbagai ukuran dan mungkin juga opsi Bold dan Italic. Di sisi lain, Object: Sprite font menggunakan gambar untuk setiap karakter/huruf. Meskipun ini berarti karya seni apa pun dapat digunakan untuk teks, terutama yang memungkinkan teks berwarna banyak, ia memiliki kekurangan sehingga hanya mendukung satu ukuran font dan satu pengaturan tebal / miring (berdasarkan dengan yang digambar).
Perbedaan penting lainnya adalah bahwa font tradisional seperti yang digunakan oleh Object: Text sering memiliki dukungan yang baik untuk karakter Unicode. Ini memungkinkan Object: Text menampilkan berbagai karakter, termasuk banyak alfabet dan rangkaian karakter dari berbagai bahasa. Object: Sprite font, bagaimanapun hanya bisa menggunakan karakter/huruf berdasarkan yang telah digambar. Sangat sulit untuk membuat Object: Sprite font yang mencakup puluhan ribu karakter unicode.
Jika Object: Sprite font diatur untuk menampilkan beberapa teks yang berisi karakter yang belum digambar, maka itu hanya akan menunjukkan ‘ruang kosong’ untuk karakter itu. Jika seluruh String dalam bahasa yang berbeda yang tidak disertakan Object: Sprite font, tidak akan ada karakter/huruf yang dibuat sama sekali. Ingatlah bahwa jika Anda mengizinkan teks yang dimasukkan user, seperti nama ‘Pemain’, atau Anda ingin menterjemahkan game di masa mendatang, maka Object: Text mungkin yang lebih sesuai.
Sprite Font Properties
- Sprite font
Klik link: Edit untuk mengedit gambar sumber yang digunakan untuk merender karakter teksnya.
Gambar dapat berupa ukuran apa pun, namun sebaiknya sesuai dengan karakter yang dikandungnya, dan sebaiknya menjadi ukuran yang sama sisi (Power-of-two Size) (misalnya: 128x128, 256x256, 512x512 ...).
Karakter dimulai dari kiri atas dan urutan ke kanan, membungkus (Wrapping) ke baris berikutnya saat mencapai tepi kanan gambar. Jika karakternya lebih sempit dari sel, dan Anda mengubah lebarnya dengan menggunakan Action: Set character width, maka gambar akan ditarik ke kiri di sel. - Character width
- Character height
Ukuran masing-masing sel karakter/huruf dalam Object: Sprite font. Karakter/huruf individu dapat ditampilkan dengan lebar yang berbeda dengan menggunakan Action: Set character width.
Dalam kasus ini, karakter/huruf harus ditarik rata kiri di dalam selnya. - Character set
Serangkaian karakter yang menggambarkan urutan huruf pada gambar Object: Sprite font.
Ini digunakan untuk memetakan teks ke gambar. Sementara Default-nya dimulai dengan alfabet Inggris, bisa diubah ke bahasa atau urutan lain dan gambarnya diperbarui sesuai dengan itu.
Namun, perhatikan Object: Sprite font hanya bisa menampilkan karakter yang ada di set karakter tersebut; Setiap karakter yang tidak ada di set karakter dengan gambar yang sesuai akan muncul sebagai ruang kosong. - Text
Teks yang ditampilkan di awal. - Scale
Pengganda untuk menskalakan teks yang diberikan, seperti 0.5 untuk setengah kali lebih besar atau 2 untuk dua kali lebih besar.
Ini bisa digunakan untuk “merekayasa” ukuran Font yang berbeda, tapi ingat itu hanya peregangan gambar; Anda mungkin ingin menggambar Font lagi dengan ukuran yang berbeda daripada menggunakan Property: Scale ini. - Initial visibility
Apakah Object awalnya terlihat atau tidak terlihat saat Layout dimulai. - Horizontal alignment
Penyelarasan horizontal pada teks di dalam kotak Object yang melintang. - Vertical alignment
Penyelarasan vertikal teks di dalam kotak Object yang melintang. - Hotspot
Untuk menempatkan hotspot dari Object (titik asal/Origin) di kiri atas, atau di tengah. - Wrapping
Pilih Words: untuk hanya membungkus seluruh kata yang dipisahkan oleh spasi saat mencapai akhir baris.
Pilih Character: untuk membungkus karakter/huruf apapun, yang bisa memotong beberapa huruf di tengah kata, tapi lebih sesuai hanya untuk beberapa bahasa. - Character spacing
Ekstra spasi/jarak, dalam pixel, yang ditambahkan secara horisontal antar karakter/huruf. - Line height
Ekstra spasi/jarak, dalam pixel, yang ditambahkan secara vertikal di antara garis.
0 adalah ukuran Default, nilai negatif membuat baris lebih merapat, dan nilai positif membuat jarak antar baris lebih jauh terpisah.
Sprite Font Conditions
- Compare text
Bandingkan teks yang terdapat pada Object.
Sprite Font Actions
- Append text
Tambahkan beberapa teks ke akhir teks yang ada. - Set character spacing
- Set line height
- Set scale
- Set horizontal alignment
- Set vertical alignment
Tetapkan Property tersebut pada Object.
Untuk informasi lebih lanjut, lihat Sprite Font Properties. - Set character width
Menetapkan lebar karakter/huruf tertentu.
Misalnya: karakter ‘i’ biasanya lebih sempit dari karakter ‘w’, namun secara Default kedua karakter tampil menempati lebar yang sama. Hal ini bisa mengakibatkan beberapa karakter terlihat aneh.
Untuk mengatasi ini, Action ini dapat mengatur lebar karakter ‘i’ ke ukuran yang kurang dari lebar sel. Hal ini juga memungkinkan untuk memasukkan beberapa karakter/huruf dan menetapkan lebar untuk beberapa karakter pada waktu yang sama, misalnya: “iIjl1”. Bila lebar karakter kurang dari lebar sel, bagian kiri sel ditampilkan, sehingga karakter harus ditarik selaras kiri di sel karakter tersebut.
Perhatikan: Memungkinkan juga untuk mengatur lebar karakter untuk ‘Spasi’, meskipun tidak digambar dalam gambar Sprite Font dan karakter yang tidak pada – cukup gunakan String dengan ‘Spasi’ di dalamnya untuk Action ini. - Set text
Ganti teks saat ini dengan String/teks baru.
Sprite Font Expressions
- CharacterHeight
Mengambil tinggi sel Font. - CharacterScale
- CharacterSpacing
- LineHeight
Mengambil Property tersebut dari Object. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Sprite Font Properties. - CharacterWidth(char)
Mengambil lebar karakter/huruf.
Karakter harus ditentukan (sebagai String) sehingga Action: Set character width dapat diambil.
Karena Expression hanya bisa mengembalikan satu nilai, jika ada beberapa karakter dalam String, hanya karakter yang pertama saja yang digunakan. - Text
Mengambil teks dari Object. - TextWidth
- TextHeight
Mengambil ukuran konten teks sebenarnya ke dalam persegi teks Object.
Komentar
Posting Komentar