Z Order Bar memungkinkan kontrol yang tepat terhadap Object mana yang muncul di depan Object lainnya. Meskipun Construct 2 adalah 2D Game Engine, urutan Z digunakan untuk merujuk pada urutan tingkat kedalaman tampilan masing-masing Object.
Untuk membuka Z Order Bar, klik kanan pada Layout View dan pilih Z order -> Edit Z order ..., atau centang kotak Z Order Bar di Tab View pada Ribbon.
Z Order List
Jika tidak ada Object yang dipilih, Z Order Bar menampilkan semua Object dalam Layout. Pembatas Group muncul untuk mengidentifikasi setiap Layer dari Layer Bar. Z Order diurutkan dari bawah ke atas dalam daftar, yang berarti beberapa Object di bagian bawah daftar ditampilkan di bagian belakang, dan beberapa Object di bagian atas daftar ditampilkan di bagian depan.
Jika ada Object yang dipilih, daftar disaring (filtered) hanya untuk Object dan Object lain yang tumpang tindih dengan Object tersebut. Hal ini memudahkan untuk melihat urutan relatif Z dari area kecil tanpa harus memperhitungkan keseluruhan Layout.
Identifying Instances (Menentukan identitas dari Instance)
Dengan banyaknya Instance yang sama dalam daftar/List, terkadang sulit untuk menentukan secara tepat di mana Instance tertentu terdapat dalam daftar. Untuk membantu mengidentifikasi setiap Instance, UID muncul setelah namanya, misalnya: Player 41 (berarti Instance: Pemain dengan UID 41). Informasi lebih lanjut tentang UID Silakan baca bagian UID dan IID di 6.1. Common features.
Instance dalam daftar yang sedang dipilih dalam Layout View juga disorot dalam huruf tebal.
Object Sprite yang memiliki gambar inisial berbeda dengan cara mengubah Property: Initial Frame atau Initial Animation juga akan ditampilkan ikon untuk gambar inisial tersebut dalam daftar Z Order.
Terakhir, Instance bisa diklik dua kali di Z Order List untuk membuatnya berkedip sebentar di Layout View. Sebagai alternatif, Instance bisa diklik kanan dan kemudian pilih Flash this instance. Ini membantu mengidentifikasi secara visual Instance dalam Layout.
Editing the Z Order
Menggunakan Z Order Bar sangat sederhana: untuk memindahkan sebuah Object di Z Order, cukup seret dan taruh (Drag & Drop) Object di dalam List. Anda juga bisa memindahkan Object ke Layer lain dengan cara ini. Anda juga dapat memilih beberapa Object dengan menekan Control (Ctrl) atau Shift pada keyboard dan menyeret semuanya sebagai blok ke Layer atau lokasi lain di Z Order. Saat melakukan ini, urutan relatif Object yang dipilih juga dipertahankan.
Jika Anda ingin menambahkan, menghapus atau menyusun ulang urutan Layer itu sendiri, Anda dapat menggunakan Layer Bar.
View options
Anda bisa klik kanan Z Order Bar dan pilih Show active layer saja. Ini bertujuan menyaring List hanya untuk menampilkan Object pada Layer aktif (Layer yang dipilih di Layer Bar), yang berguna saat bekerja dengan satu Layer saja.

Komentar
Posting Komentar