Langsung ke konten utama

Construct 2 Indonesia Manual: Bab Behavior Reference - 24. Turret (Menara/Kubah)

Behavior: Turret dapat mendeteksi Object secara otomatis dalam jangkauan tertentu dan berputar ke arahnya. secara opsional mencakup fitur untuk menentukan kapan harus menembak, serta prediksi terhadap bidikan (Predictive Aim).

Sebagai contoh Behavior: Turret, cari Turret di dialog Start.


Bagaimana Turret bekerja

Sebelum Turret akan menargetkan apapun, Anda harus menggunakan Action: Add Object to target sehingga Turret mengetahui Object mana yang harus diincar. Memanggil Action tersebut sekali pada awal Layout sudah cukup. Anda juga bisa merujuk kepada Family sebagai target oleh Turret, sehingga memungkinkan untuk dengan mudah menargetkan koleksi Object yang berbeda.

Setelah salah satu dari beberapa Object ini memasuki jangkauan Turret (jarak antara Object lebih kecil dari pada Property: Range), dan Turret tersebut belum memiliki target, maka Turret tersebut menetapkan Object itu sebagai target. Pada saat Condition: On target acquired terpicu, dan jika Rotate diset ke YES, Object akan mulai berputar ke arah target. Begitu Turret mengarah ke target, Condition: On shoot akan terpicu pada frekuensi yang ditentukan oleh Property: Rate of fire. Jika Anda ingin Turret menembaki target, munculkan (Spawn) sebuah ‘Projectile’ pada Event: On shoot.

Jika target meninggalkan jangkauan Turret, maka Turret akan kehilangan target dan berhenti menembak. Jika target lain sudah ada, maka Turret segera menjadikannya sebagai sasaran; Jika tidak, maka Turret akan menunggu sampai target berikutnya masuk ke dalam jangkauan. Perhatikan juga jika Property: Target mode diset ke Nearest, Turret dapat berpindah ke target lainnya walaupun sebelum target saat ini keluar dari jangkauan, jika target baru lebih dekat daripada target yang ada.


Predictive aim (Penerkaan arah tembakan terhadap arah perpindahan target)

Fitur yang berguna dari Behavior Turret adalah kemampuan untuk menggunakan Predictive aim. Untuk demonstrasi interaktif ini lihat Contoh: Turret Predictive aim pada dialog Start.

Biasanya Turret mengarah langsung ke sasaran. Ini sering mengakibatkan target yang bergerak tidak pernah terkena tembakan (Hit), karena pada saat Projectile (peluru) tiba, Object telah berpindah tempat lain. Predictive Aim memecahkan masalah ini dengan mengarahkan Turret di tempat Object akan berada pada saat Projectile tiba, jika ia mempertahankan kecepatan yang sama. Agar hal ini berhasil, Behavior: Turret harus memiliki ‘kecepatan Projectile’ dalam Property: Projectile speed, sehingga dapat menentukan berapa lama waktu yang dibutuhkan agar Projectile tiba. Projectile juga harus menggunakan kecepatan tetap, dan tidak ada percepatan (Acceleration)atau perlambatan (Deceleration).

Masih mungkin bagi target untuk menghindari Predictive aim dari Turret, dengan mengubah arah atau kecepatan saat Projectile bergerak ke arahnya. Namun ini jauh lebih sulit dibandingkan dengan tidak menggunakan Predictive Aim, dan keakuratan keseluruhan dari tembakan Turret akan meningkat secara signifikan.


Turret Properties

  • Range
    Rentang/jangkauan, bahwa Turret dapat mendeteksi sasaran, dalam pixel. Semua target yang jauh dari Turret daripada jarak ini akan diabaikan.

  • Rate of fire
    Jumlah tembakan pada Triggered Condition: On shoot, ketika Turret sudah mendapatkan target dan berputar ke arah target.

  • Rotate
    Jika YES, maka Turret secara otomatis mengatur sudut Object sesuai dengan sudut Turret.

  • Rotate speed
    Kecepatan di mana Turret bisa berputar ke arah target, dalam derajat per detik.

  • Target mode
    Jika First in Range, Turret akan selalu melacak target yang sama sampai target tersebut meninggalkan jangkauan, bahkan jika target lainnya masuk jangkauan. Jika Nearest, Turret dapat beralih ke target yang berbeda sebelum jangkauan target saat ini meninggalkan jangkauan, jika target lain berada lebih dekat.

  • Predictive aim
    Jika Enabled, Anda harus mengatur kecepatan Projectile yang benar untuk tujuan prediktif agar bekerja dengan benar. Untuk informasi lebih lanjut lihat bagian pada Predictive Aim di atas.

  • Projectile speed
    Jika Predictive Aim diaktifkan, ini harus diatur ke kecepatan Projectile dalam pixel per detik, agar Predictive Aim bekerja dengan benar. Untuk informasi lebih lanjut, lihat bagian pada Predictive Aim di atas.

  • Initial state
    Apakah Behavior ini awalnya diaktifkan atau dinonaktifkan. Jika Disabled, ini dapat diaktifkan saat Runtime menggunakan Action: Set enabled.



Turret Conditions

  • Has target
    TRUE jika Turret saat ini mendapatkan target.

  • On shoot
    Terpicu pada frekuensi yang diberikan oleh Property: Rate of fire, saat Turret sudah mendapatkan target dan telah berputar mengarah ke sana. Jika Turret menembaki target, Anda harus memunculkan (Spawn) sebuah Projectile dari Turret di pada Triggered Condition ini.

  • On target acquired
    Terpicu saat Turret belum memiliki target, tapi kemudian mendapatkan satu saat target memasuki jangkauan.



Turret Actions

  • Acquire target
    Targetkan Object tertentu jika berada dalam jangkauan. Jika Object di luar jangkauan, Action ini diabaikan. Jika dalam jangkauan, Turret akan beralih ke penargetan Object yang diberikan, meski sudah memiliki target yang berbeda. Catatan: jika Property: Target mode adalah Nearest, Turret mungkin masih segera beralih ke target yang lebih dekat.

  • Add Object to target
    Gunakan pada Startup, untuk memberitahu Turret bahwa Object mana yang harus ditargetkan. Gunakan Family untuk dengan mudah menargetkan seluruh kelompok Object.

  • Clear targets
    Hapus semua target (yang ditambahkan dengan menggunakan Action: Add Object to target). Turret tidak akan lagi menargetkan Object sama sekali.

  • Unacquire target
    Beritahu Turret untuk melupakan target yang sedang ditangkap, meski berada dalam jangkauan. Ini membebaskannya untuk menargetkan Object yang berbeda, namun mungkin memilih untuk segera menargetkan Object yang sama lagi, kecuali Action: Acquire target digunakan segera setelahnya.

  • Set enabled
    Mengaktifkan atau menonaktifkan Behavior. Jika Disabled, Behavior tidak akan mendeteksi target, memutar Object, atau memicu apapun.

  • Set predictive aim
  • Set projectile speed
  • Set range
  • Set rate of fire
  • Set rotate
  • Set rotate speed
  • Set target mode
    Mengatur Property tersebut. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Turret Properties.


Turret Expressions

  • Range
  • RateOfFire
  • RotateSpeed
    Untuk mengambil nilai Property tersebut. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Turret Properties.

  • TargetUID
    Dapatkan UID dari Object yang ditargetkan saat ini, jika ada. Untuk informasi lebih lanjut tentang UID, lihat 6.1. Common Features (Fitur umum).




Komentar