Langsung ke konten utama

Construct 2 Indonesia Manual: Bab Antar Muka - 14. Keyboard Shortcuts

General

Ctrl + X → Cut (Potong)

Ctrl + C → Copy (Salin)

Ctrl + V → Paste (Tempel)

Ctrl + Seret (Drag) dengan tombol kiri mouse → Duplikasi/Rangkap/Menggandakan


Ctrl + Z → Undo (Membatalkan)

Ctrl + Y → Redo (Melakukan kembali aksi yang dibatalkan)


Ctrl + A → Select all (Pilih semua)


Ctrl + N → Project baru.

Ctrl + O → Buka Project.

Ctrl + S → Simpan Project.


Alt + F4 → Tutup Construct 2.


Anda juga bisa menekan Alt untuk menavigasi Ribbon. Saat Anda menekan Alt, beberapa Tooltips akan muncul yang menunjukkan tombol keyboard untuk memilih setiap opsi.


F4 → Pratinjau Project dari Layout yang pertama.

Ctrl + F4 → Debug Project dari Layout yang pertama.

F5 → Pratinjau Layout yang sedang aktif.

Tahan tombol "Shift" untuk melakukan pratinjau secara terus-menerus
(https://www.scirra.com/tutorials/529/how-to-use-continuous-preview)


Ctrl + F5 → Debug Layout yang sedang aktif.

F6 → mengekspor Project.


Ctrl + Roda mouse ke atas atau Num pad +  → Zoom in (Perbesar zoom)

Ctrl + Roda mouse ke bawah atau Num pad -  → Zoom out (Perkecil zoom)

Dengan sambil menekan tombol "Shift", untuk menyesuaikan jarak zoom 100%, 200%, 400% dst.


Ctrl + 0 → Kembali ke zoom 100%.


Tombol tengah mouse + seret (Drag) atau Tahan Space dan gerakkan mouse → menggeser tampilan.


Delete → Hapus item-item yang dipilih.

F2 → Mengubah nama item yang dipilih.


Ctrl + Click item → Mmemilih / tidak memilih item yang diklik.

Shift + Click item → Sama dengan Ctrl, tapi in Event Sheet View, ini memilih semua diantara dari yang sebelumnya dipilih dan yang sekarang diklik.

Escape (Esc) → Batalkan penyeretan atau penempatan atau pencarian pada Event.


Ctrl + Tab → ke kanan Tab berikutnya.

Ctrl + Shift + Tab → ke kiri Tab berikutnya.



Layout View

Lihat juga: 3.10. Layout View

Ctrl + E atau Shift + Tab → Menuju ke Event Sheet yang terkait dengan Layout yang sedang aktif.


Tombol panah (Arrow keys) → Menggeser Object yang dipilih sejauh 1px.

Tahan tombol "Shift" untuk menggeser sejauh 10px.

Tahan tombol "Shift" saat membesar/kecilkan Object dengan ukuran yang proporsional.

Tahan tombol "Shift" saat memutar Object untuk mengunci 5 derajat penambahan.

Tahan "Shift" saat menyeret Object untuk mengunci Axis (bergerak ke arah diagonal saja.


Tahan tombol "Tab" dan klik Object yang dipilih untuk memilih Object dibawahnya berdasarkan Z order.


Tahan tombol "Alt" saat memindahkan Object yang dipilih untuk me-nonaktifkan sementara mode Grid Snap.


Tahan tombol "Ctrl" saat membesar/kecilkan Object yang dipilih untuk mengatur ukuran relatif terhadap titik tengah Object.


Ctrl + D → Batalkan semua pemilihan.

Ctrl + Shift + Up → Membuat Object berada di paling atas (Z order) pada Layer.

Ctrl + Shift + Down → Membuat Object berada di paling bawah (Z order) pada Layer.

C → Center horizontally in window (Membuat Object berada di tengah layar secara horisontal)

T → Align to top of window (Membuat Object berada di atas layar / rata atas)

Enter → Bungkus (Wrap) semua Object yang dipilih untuk memutar atau mengubah ukuran secara keseluruhan.

W → Bungkus (Wrap) semua Object yang berada di Container yang sama dengan Object yang dipilih.
Misalnya: pilih satu Object yang berada dalam Container yang terdapat 8 Object, maka kedelapan Object tersebut akan dibungkus.

Untuk menempel (Paste) Object di tempat yang sama (sehingga Object tersebut ditempel ke posisi yang asli, bukan di posisi kursor mouse), tahan Shift saat menempel (Paste). Proses keseluruhan: Ctrl + C untuk menyalin Object; tekan Ctrl + V maka kursor mouse berubah menjadi bentuk palang (Crosshair), tahan Shift dan klik. Object akan ditaruh (Pasted) di posisi asli (bukan di posisi kursor mouse) dan kursor mouse akan kembali ke bentuk normal.


Saat mengedit Tilemap menggunakan Tilemap Bar:

1 → Menggunakan Normal Layout View selection

2 → Menggunakan Pencil Tile Tool

3 → Menggunakan Rectangle Tile tool

4 → Menggunakan Erase Tile tool

X → Flip placing Tile horizontally (Membalikkan peletakan Tile secara horisontal)

Y → Flip placing Tile vertically (Membalikkan peletakan Tile secara vertikal)

Z → Rotate 90 degrees clockwise (Memutar Tile 90 derajat searah jarum jam)



Event Sheet View

Lihat juga: 3.11.Event Sheet View

Ctrl + L atau Shift + Tab → Membuka Layout View yang terkait dengan Event Sheet yang sedang terbuka (jika ada – Event Sheet hanya bisa digunakan dengan Include, jika belum dikaitkan dengan Layout manapun)


Ctrl + F → Membuka Tab Ribbon ‘Event’ dan fokus ke kotak Event search.

 

Ctrl + Home → Scroll ke baris paling atas pada Event Sheet.

Ctrl + End → Scroll ke baris paling bawah pada Event Sheet.


Ctrl + F2 → Beralih (Toggle) status Bookmark pada baris Event yang dipilih.

F2 → Menuju ke Bookmark selanjutnya di Event Sheet

Shift + F2 → Menuju ke Bookmark sebelumnya di Event Sheet


F3 → Beralih (Toggle) status Breakpoint pada baris Event Sheet.


Pada kotak dialog: New condition/action atau dialog Parameter:

Alt + Left → Back/Cancel (Kembali ke window sebelumnya/menekan tombol Cancel)

Alt + Right → Next/Done (Membuka window berikutnya/menekan tombol Done)


Tombol panah atas and tombol panah bawah → Memindahkan sorotan baris ke atas dan bawah pada Event Sheet.

Tombol panah kiri and tombol panah kanan → Memindahkan sorotan ke samping antara Event, Condition dan Action.


Enter → Mengedit Event/Condition/Action yang disorot. 


Escape → Mengosongkan kotak pencarian Event.


A → Menambahkan Action.

B → Menambahkan subEvent kosong (Blank subEvent).

C → Menambahkan Condition.

D → Beralih (toggle) status baris yang disorot menjadi Enabled/Disabled.

E atau Num pad + → Menambah Event di bawah baris yang disorot.

Shift + E atau Num pad - → Menambah Event di atas baris yang disorot.

G → Membuat Group.

I → Invert (Membalikkan Condition yang disorot).

N → Menambah Include Event Sheet.

R → Mengganti Object.

Q → Menambah komentar.

S → Menambah Sub event.

V → Menambah Variable.

X → Menambah ‘else’ Event berdasarkan Event yang disorot.

Y → Toggle 'Or' block (Beralih blok 'Or').



Parameters dialog

Dialog Parameter digunakan ketika Anda memasukkan Expression, misalnya:
Koordinat X dan Y dari sebuah Expression: Set position.

F4 → Beralih (toggle) panel daftar Expression menjadi terlihat/tidak.

Panel ini menampilkan setiap Expression yang bisa Anda gunakan.


Tab → Parameter berikutnya.

Shift + Tab → Parameter sebelumnya.

Escape → Batal.

Enter → Selesai.



Image and Animations editor

Lihat juga: 3.12. Image and Animations editor.


Cara cepat meletakkan posisi Origin dan Image Point:

Num pad 1 atau End → Bawah kiri.

Num pad 2 → Bawah.

Num pad 3 atau Page down → Bawah kanan.

Num pad 4 → Kiri.

Num pad 5 → Tengah.

Num pad 6 → Kanan.

Num pad 7 atau Home → Atas kiri.

Num pad 8 → Atas.

Num pad 9 atau Page up → Atas kanan.

Arrow keys → Geser (nudge) 1px.

Tahan Shift untuk menerapkan Origin/Image Point ke seluruh Animation.
Shift + klik juga menerapkan posisi tersebut ke seluruh Animation.


Shift + Crop button → Pangkas seluruh Animation.

Shift + Mirror button → Membalikkan horisontal seluruh Animation.

Shift + Flip button → Membalikkan vertikal seluruh Animation.

Shift + Rotate Clockwise button → Memutar seluruh Animation searah jarum jam.

Shift + Rotate Anticlockwise button → Memutar seluruh Animation berlawanan jarum jam.



Animations only:

Ctrl + Left or - → Frame Animation sebelumnya.

Ctrl + Right or + → Frame Animation berikutnya.

P → Pratinjau Animation.



Komentar