Dialog Import Audio memungkinkan file audio ditambahkan ke Project dari disk. Ini diakses dengan memilih Import Sounds atau Import Music dari menu klik kanan folder Sounds atau Music di Project Bar. Pastikan untuk menambahkan Object: Audio ke Project Anda untuk memutar Audio dan Music.
Sebelum dialog muncul, Anda akan diminta untuk memilih beberapa file audio dari disk. Anda bisa memilih lebih dari satu file. File-file tersebut tercantum dalam dialog Import Audio sebelum mengimpor, dengan diserai tips (informasi) tentang apakah formatnya didukung atau tidak. Anda juga bisa klik Add more files ... di layar ini untuk menambahkan beberapa file lagi ke dalam daftar.
Klik Import untuk mulai mengimpor file yang terdaftar ke Project. Ini mungkin memerlukan waktu lama dengan rekaman audio yang panjang (misalnya: Music Track); Progress Bar mungkin muncul selama pemrosesan. Hanya file yang dalam format yang didukung yang diimpor. Setelah proses mengimpor selesai, daftar akan menunjukkan hasil file yang berhasil diimpor. Klik Done untuk menutup dialog.
Sangat dianjurkan untuk mengimpor file PCM .wav, karena biasanya didukung dan Construct 2 dapat mengubah (Encode) ke Ogg Vorbis dan MPEG-4 AAC (hanya di Windows 7+).
2 format audio yang dibutuhkan
Pembuat Web Browser belum bisa membuat kesepakatan mengenai format audio yang umum untuk web. Internet Explorer dan Safari (Mac) menggunakan format MPEG-4 AAC (.m4a) secara eksklusif (hak paten), dan semua browser lainnya (Firefox, Chrome dan Opera) mendukung format Ogg Vorbis secara gratis.
Untuk pemutaran (Playback) audio di semua browser, audio Anda harus tersedia dalam kedua format tersebut. Construct 2 membantu Anda dengan mengkodekan (Encoding) setiap audio yang tidak terkompresi yang Anda impor ke .m4a dan .ogg secara otomatis untuk Anda. Namun karena pembatasan lisensi seputar format AAC MPEG-4 (oleh Mac), Construct 2 hanya akan mengkodekan file .m4a pada Windows 7 (dan versi Windows yang terbaru). Pengguna pada Windows XP dan Vista harus mengkodekan file .m4a sendiri. Ekstensi file harus .m4a. Encoders gratis tersedia; coba cari di web untuk software AAC Encoder.
Format Ogg Vorbis dapat dikodekan (Encoded) pada sistem apapun.
Construct 2 menyukai format Ogg Vorbis. Saat memilih audio di Event System, hanya file .ogg yang terdaftar. File .m4a dianggap sebagai cadangan (Back-up) ke file .ogg untuk browser yang tidak mendukung Ogg Vorbis. Ini juga berarti jika Anda mengimpor file .m4a tanpa file .ogg yang sesuai, itu tidak akan tercantum dalam Event System.
Construct 2 tidak akan mentransmisikan kode (Trans-code) file .m4a ke file .ogg atau .ogg ke .m4a; Dianjurkan untuk mengimpor file PCM .wav yang Construct 2 dapat menyandikannya (Encode) sendiri. Trans-coding juga menurunkan kualitas suara menjadi lebih buruk daripada jika audio yang tidak terkompresi dikodekan satu tingkat.
Kategorikan file audio dengan benar
Sangat penting untuk mengatur/menyusun file audio dengan tepat, karena file audio dalam Project folder Sounds akan didownload secara penuh sebelum diputar, namun file dalam folder Music akan diputar secara langsung (Streaming). Ini berarti jika Music track tidak sengaja dimasukkan ke dalam folder Audio, maka akan didownload sepenuhnya (yang bisa memakan waktu beberapa menit) sebelum mulai diputar. Namun, audio di folder Music dapat mulai diputar segera karena Streaming dari server. Ini secara relatif akan meningkatkan kuota download, misalnya: audio untuk Player yang melompat akan terus didownload secara Streaming terus menerus.
Supported audio formats (format audio yang didukung)
Ada banyak jenis format audio dan banyak dari format tersebut memiliki tingkat dukungan yang berbeda. Selain itu, banyak format memiliki sub-format, dan tidak semua sub-format selalu didukung. Hal ini membuat mendeskripsikan dukungan audio menjadi rumit. Upaya terbaik dilakukan di bawah ini untuk meringkas daftar format audio yang didukung namun ini tidak dijamin memberikan Anda hasil. Sebagai gantinya, sangat disarankan Anda hanya mengimpor file PCM .wav, yang didukung secara luas dan dapat dikodekan ke kedua format .m4a dan .ogg oleh Construct 2.
Perhatikan ada berbagai jenis file .wav selain PCM: Construct 2 akan mencoba menampilkan tipe file Wav pada dialog Import Audio (pada gambar di atas, file PCM digunakan), namun jenis selain PCM tidak boleh diimpor.
Beberapa Codec Audio Software yang bagus akan bisa mengkonversi ke PCM .wav. Cobalah untuk menghindari penggunaan format “Lossy” sebelum mengimpor ke Construct 2, jika tidak, kualitas akan terdegradasi lebih lanjut pada saat Construct 2 mengkodekan file Lossy .ogg dan .m4a tersebut.
Format berikut dicantumkan berdasarkan ekstensi file mereka, dan apakah Construct 2 dapat mengkodekannya ke Ogg Vorbis (.ogg) dan MPEG-4 AAC (.m4a).
.wav (PCM atau PCM float format): Dapat dikonversi ke 2 format yang didukung Construct 2.
.flac (FLAC): Dapat dikonversi ke 2 format yang didukung Construct 2.
.ogg (Ogg Vorbis): Diimpor tapi tidak dikonversi ke .m4a.
.m4a (MPEG-4 AAC): Diimpor tapi tidak dikonversi ke .ogg.
.aif, .aiff, .aifc (AIFF): Hanya .ogg.
.aac (MPEG-4 AAC): Hanya .m4a.
.mp3 (MPEG-1 Layer 3): Hanya .m4a.
.wma (Windows Media Audio): Hanya .m4a.

Komentar
Posting Komentar