Banyak Plugin berbagi Condition, Action dan Expression yang umum, seperti untuk ukuran dan posisi Object. Daripada mengulangi deskripsi dari masing-masing Plugin, semua dicantumkan di bagian ini.
Tidak semua Object menggunakan semua fitur yang umum; beberapa mungkin hanya menggunakan beberapa yang tercantum di sini. Ini disediakan sebagai referensi untuk fitur yang ditampilkan kepada Anda di Construct 2, dan bukan menjelaskan fitur untuk Plugin tertentu.
- Common Condition (Kondisi Umum)
- Common Actions (Aksi Umum)
- Common Expression (Rumus Umum)
- Unique ID (UID)
Semua Object pada saat Runtime memiliki Unique ID yang diberikan, yang merupakan angka mulai dari 0 (Zero-based) untuk Instance pertama dan penambahan oleh 1 untuk setiap Instance lainnya. Nomor ini bisa diambil melalui Object Expression: UID. Nomor ini dapat digunakan untuk secara unik mengidentifikasi satu Instance di seluruh bagian game. Misalnya: Bisa disimpan di Instance Variable atau Event Variable dan kemudian diambil lagi dengan menggunakan Condition: Pick by Unique ID. - Index ID (IID)
Semua Object pada saat Runtime memiliki Index ID yang ditetapkan, yang merupakan jumlah Instance dalam Object Type tersendiri. Nomor ini bisa diambil melalui Object Expression: IID. Sebagai contoh, Instance pertama pada 2 Object Type keduanya memiliki IID 0, Instance kedua memiliki IID 1, dan seterusnya. Oleh karena itu, IID tidak mengidentifikasi Instance unik seperti UID, juga tidak secara terus-menerus merujuk pada Instance yang sama (jika Instance dengan IID 0 hancur, maka Instance selanjutnya menjadi IID 0). Namun, bisa bermanfaat bagi user tingkat lanjut untuk dapat mengambil keuntungan dari pengindeksan Object Expression dan System Condition: Pick Nth Instance.
Common Condition (Kondisi umum)Condition berikut umum terdapat pada beberapa Plugin.
- Angle
Catatan: Angle dalam Construct 2 dimulai dengan 0 derajat menghadap ke kanan dan kenaikan derajat searah jarum jam.- Is between angles
: TRUE jika sudut Object saat ini berada di antara 2 sudut yang diberikan, dalam derajat. Sudut pertama dan kedua harus searah jarum jam. Artinya, apakah antara 0 dan 45 derajat TRUE jika Object berada di area 45 derajat, tapi antara 45 dan 0 derajat TRUE jika Object berada di area 315 derajat dari 45 derajat sampai 0 derajat. - Is clockwise from
: TRUE jika sudut Object saat ini searah jarum jam dari sudut yang diberikan, dalam derajat. Gunakan Invert pada Condition untuk menguji apakah Object berlawanan arah jarum jam dari sudut yang diberikan. Sebagai contoh, sebuah Object pada 45 derajat searah jarum jam dari 0 derajat, namun sebuah Object pada 0 derajat merupakan berlawanan arah jarum jam dari 45 derajat. - Is within angle
: TRUE jika sudut Object saat ini berada dalam sejumlah derajat sudut yang lain. Ini lebih dapat diandalkan daripada menguji apakah sudut Object sama persis dengan suatu sudut, misalnya: Apakah dalam 0.5 derajat dari 90 derajat mungkin lebih baik daripada Sudut sama dengan 90 derajat, karena ada banyak kasus, Object bisa sangat dekat, tapi tidak persis, 90 derajat. - Appearance
- Compare opacity
: Bandingkan kepekatan Object saat ini, dari 0 (transparan) sampai 100 (pekat). - Is visible
: TRUE jika Object saat ini terlihat. Gunakan Invert untuk menguji apakah tak terlihat. Ini hanya menguji visibilitas yang ditetapkan oleh Action: Set visible; Bukan termasuk Object yang di luar layar, memiliki 0 opacity, atau berada pada Layer yang tak terlihat (Invisible Layer). - Instance Variable
- Compare Instance Variable
: Bandingkan nilai saat ini dari salah satu Instance Variable dari Object. - Is Boolean Instance Variable set
: Uji jika salah satu Instance Variable dengan type Boolean pada Object diset ke TRUE. Gunakan Invert pada Condition untuk menguji jika FALSE. - Pick highest/lowest
: Pilih satu Instance dengan nilai Instance Variable tertinggi atau terendah dari semua Instance. Catatan: Ini hanya mengambil salah satu Instance, bahkan jika beberapa Instance memiliki nilai tertinggi atau terendah yang sama; Dalam hal ini Instance acak yang akan dipilih. - Misc (Miscellaneous/Lain-lain)
- On Created
- On destroyed
: Terpicu pada saat setiap Instance yang dibuat atau dihancurkan selama menjalankan game. ‘On Created’ juga terpicu untuk setiap Object yang sudah ada pada Layout saat Layout dimulai. Sebagai contoh: Effect: Particles satu kali tembakan dapat dimunculkan (Spawn) setiap kali sebuah Object dibuat (Created), dan sebuah ledakan dimunculkan (Spawn) setiap kali Object tersebut dimusnahkan (Destroyed). Condition ini bisa diibaratkan dengan ‘Constructor’ dan ‘Destructor’ dalam bahasa pemrograman tradisional (perintah yang dijalankan untuk melakukan penciptaan dan penghancuran Object). Hati-hati jangan sampai membuat Object dengan tipe yang sama pada Event: On Created (misal: On Sprite2 created: Create Sprite2) karena ini akan membuat perulangan tak terbatas (Infinite Loop) dan menyebabkan game Hang. - Pick
- Pick by Unique ID (UID)
: Pilih Instance yang cocok dengan Unique ID (UID) tertentu. - Pick nearest/furthest
: Pilih Instance yang terdekat atau paling jauh dari posisi tertentu dalam Layout. - Size & Position
- Compare width
- Compare height
: Bandingkan ukuran Object (lebar/tinggi), dalam pixel. - Compare X
- Compare Y
: Bandingkan posisi Object dalam Layout, dalam pixel. Perhatikan bahwa Object bisa saja diposisikan di antara pixel, misalnya. di (5.5, 10.33333). Namun, ini biasanya ide yang buruk untuk menempatkan Object yang berada pada posisi yang tepat. - Is on-screen
: TRUE jika ada bagian dari kotak pembatas Object ada di dalam area layar. Hal ini tidak berkaitan dengan Visibility atau Opacity dari Object. - Is outside Layout
: TRUE jika keseluruhan kotak pembatas Object berada di luar area Layout. - Z-Order
- Is on Layer
: Pilih semua Instance pada Layer tertentu, yang ditentukan dengan nama atau indeks (berbasis nol). - Pick top/bottom
: Ambil Instance paling atas atau paling bawah, berdasarkan Layer Index dan Z index. Misalnya: Instance di bagian depan Layer paling atas adalah Instance teratas.
- Angle
Common Actions (Aksi Umum)Action berikut umum terdapat pada beberapa Plugin.
- Angle
Catatan: Angle dalam Construct 2 dimulai dengan 0 derajat menghadap ke kanan dan kenaikan searah jarum jam.
- Rotate clockwise
: Putar Object berapa derajat searah jarum jam. - Rotate counter-clockwise
: Putar Object berapa derajat berlawanan arah jarum jam. - Rotate toward angle
: Putar Object beberapa derajat ke arah sudut yang lain. Jika Object mendekati sudut target maka tidak akan melampaui (akan berakhir tepat pada sudut target). - Rotate toward position
: Putar Object berapa derajat ke arah posisi. Jika Object mendekati sudut target maka tidak akan melampaui (akan berakhir tepat pada sudut target). - Set angle
: Atur sudut Object dalam derajat, dari 0 sampai 360. 0 derajat menghadap ke kanan dan kenaikan sudut searah jarum jam. - Set angle toward position
: Atur sudut Object untuk menghadapi posisi tertentu dalam Layout. - Appearance
Tidak semua Object mendukung Action yang berkaitan dengan Effect. Untuk informasi lebih lanjut lihat 4.4.6. Effect.
- Set blend mode
: Mengubah cara Object bercampur dengan latar belakang dengan mengubah Property: Blend mode pada Object. - Set Effect enabled
: Mengaktifkan atau menonaktifkan salah satu Effect yang ditambahkan ke Object. - Set Effect Parameter
: Ubah nilai salah satu Parameter untuk Effect yang ditambahkan ke Object. Parameter untuk perubahan ditentukan oleh indeks berbasis nol, yaitu 0 untuk mengubah Parameter pertama, 1 untuk mengubah Parameter kedua, dan seterusnya. - Set opacity
: Atur kepekatan Object (atau semi transparan), dari 0 (transparan) sampai 100 (pekat/Opaque). - Set visible
: Atur Object agar terlihat atau tak terlihat (Hidden). - Instance Variable
- Add to (Tambahkan ke)
- Subtract from
(Kurangkan dari)
: Mengubah nilai dari Instance Variable (tambah/kurang) - Set
: Menetapkan angka atau teks dari Instance Variable. - Set Boolean
: Tetapkan Instance Variable bertipe Boolean, yang dapat menyimpan nilai TRUE atau FALSE. - Toggle Boolean
: Beralih Instance Variable bertipe Boolean, yang membaliknya dari TRUE menjadi FALSE atau sebaliknya. - Misc (Miscellaneous → Lain-lain)
- Destroy
: Hapus Object dari game. - Set from JSON
: Tetapkan keadaan (State) dari Object ini dari serangkaian data dalam format JSON. Ini harus berasal dari penggunaan Expression: AsJSON sebelumnya. - Size & position
: Mengubah ukuran dan meletakkan Object (dalam pixel). - Move at angle
: Gerakkan Object berapa pixel pada sudut tertentu (dalam derajat). - Move forward
: Majukan posisi Object berapa pixel ke depan pada sudut Object saat ini. - Set width
- Set height
- Set size
: Untuk menetapkan ukuran Object, dalam pixel. - Set X
- Set Y
- Set position
: Atur posisi Object saat ini dalam Layout, dalam pixel. Titik asal/Origin (0,0) adalah kiri atas Layout dan nilai dari sumbu Y meningkat secara ke bawah. - Set position to another Object
: Posisikan Object pada Object lain. Hal ini juga dapat diposisikan relatif terhadap Image Point pada Object yang diberikan. - Z Order
- Move to bottom
- Move to top
: Posisikan Object ke bagian bawah atau atas pada Layer saat ini. - Move to Layer
: Pindahkan Object ke Layer tertentu, bisa dengan namanya atau indeks berbasis nol. Jika Object sudah berada di Layer tersebut, Action ini tidak berpengaruh. - Move to Object
: Pindahkan Object di sebelah Object lain berdasarkan Z Order. Anda dapat memilih untuk menempatkan Object untuk ditempatkan di depan atau di belakang Object lain. Jika Object target berada pada Layer yang berbeda, Object juga akan dipindahkan ke Layer target Object dan kemudian Z Order di sebelahnya.
- Angle
Common Expression (Rumus umum)Expression berikut umum tersedia pada beberapa Plugin.
- Angle
- Angle
: Untuk mengambil nilai sudut Object, dalam derajat. 0 derajat menghadap ke kanan dan kenaikan sudut searah jarum jam. - Appearance
- Opacity
: Kepekatan Object saat ini (Semitransparency), dari 0 (transparan) sampai 100 (pekat). - Misc (Miscellaneous/Lain-lain)
- AsJSON
: Simpan keadaan (State) Object ke String data dalam format JSON, dan mengembalikan nilainya. Ini dapat didownload atau disimpan, dan kemudian keadaan (State) Object diambil (Restore) menggunakan Action: Set from JSON. - Count
: Jumlah Instance dari Object Type. - PickedCount
: Jumlah Instance yang memenuhi Event Condition. Misalnya: Jika Event memiliki Condition: Mouse is over Sprite, maka Sprite.PickedCount akan menghasilkan jumlah Instance: Sprite yang telah dilewati oleh mouse. - IID
: Untuk mengambil nomor ID indeks (IID) dari Instance. Lihat 6.1. Common features (Fitur umum). - UID
: Untuk mengambil nomor Unique ID (UID) dari Instance. Lihat 6.1. Common features (Fitur umum). - Size & Position
- BBoxLeft
- BBoxRight
- BBoxTop
- BBoxBottom
: Untuk mengambil nilai koordinat Layout pada kotak pembatas sejajar sumbu Axis dari Object. Ini adalah kotak ‘Unrotated’ terkecil yang benar-benar membungkus Object, memperhitungkan setiap rotasi atau peregangan. Dengan kata lain, ini adalah posisi kiri, kanan, atas dan bawah dari kotak pembatas Object. - Width
- Height
: Untuk mengambil nilai ukuran Object dalam pixel. - ImagePointX
- ImagePointY
: Untuk mengambil nilai dari posisi salah satu titik gambar (Image Point) Object dalam koordinat Layout, dalam pixel. Bisa menggunakan nama atau nomor dari Image Point. - X
- Y
: Untuk mengambil nilai dari posisi Object dalam Layout, dalam pixel. Titik asal/Origin (0,0) berada di kiri atas Layout dan nilai sumbu Y meningkat ke bawah. - Time
- dt
: Untuk mengambil nilai Delta-time sesuai dengan skala waktu (Timescale) Object itu sendiri. Lihat Delta-time and Framerate Independence (http://www.scirra.com/ tutorials/67/delta-time-and-framerate-independence) untuk informasi lebih lanjut. - Z Order
- LayerName
: Nama Layer dari Instance yang aktif. - LayerNumber
: Indeks (berbasis nol) Layer dari Instance yang aktif. - ZIndex
: (Z-Index) Untuk mengambil nilai indeks berbasis nol Z-Order dari Instance di dalam Layer saat ini. 0 adalah Instance paling bawah, angkanya meningkat sampai Instance teratas.
- Angle
Komentar
Posting Komentar