Behavior: Bullet hanya menggerakkan Object ke depan menurut sudut (Angle). Namun, Bullet memberikan pilihan ekstra seperti Gravity dan Bounce (pantulan) yang memungkinkannya juga bisa digunakan seperti bola memantul. Seperti namanya, sangat ideal untuk ‘Projectile’ seperti peluru, tapi juga berguna untuk mengendalikan secara otomatis jenis Object lain seperti ‘Musuh’ yang terus bergerak maju.
Untuk 2 contoh Behavior: Bullet, lihat contoh Bouncing balls dan Bouncing Bullet di dialog Start.
Bullet Properties
- Speed
Kecepatan Bullet, dalam pixel per detik. - Acceleration
Tingkat percepatan Bullet, dalam pixel per detik per detik (px/s/s). Nol akan menjaga kecepatan konstan (tetap), nilai positif untuk menambah percepatan, dan nilai negatif melambat sampai berhenti (Object tidak akan sampai mundur/Reverse). - Gravity
Gaya gravitasi, yang menyebabkan percepatan (akselerasi) ke bawah, dalam pixel per detik per detik (px/s/s). Nilai 0 = meniadakan gravitasi yang berguna untuk game jenis Top-down. Nilai positif menyebabkan gerakan parabola karena Bullet itu diturunkan oleh gravitasi. - Bounce off solids
Jika diset ke YES, Bullet akan memantulkan Object bila bersentuhan dengan Object yang memiliki Behavior: Solid. Ini juga akan menghitung sudut pantulan (Reflection) untuk memantul secara realistis tergantung pada bentuk dan sudut Object. - Set Angle
Jika diatur ke NO, Behavior tidak akan pernah mengubah sudut (Angle) Object. Jika diatur ke YES, Behavior tersebut selalu mengubah sudut Object ke arah pergerakan (Angle of Motion). - Initial state
Untuk menentukan apakah Behavior awalnya diaktifkan atau dinonaktifkan. Jika Disabled, ini dapat diaktifkan saat Runtime menggunakan Action: Set enabled.
Bullet Condition
- Compare speed
Untuk membandingkan kecepatan Bullet saat ini, dalam pixel per detik. - Compare distance travelled
Bandingkan ‘jarak total’ Bullet yang telah bergerak sejak dibuat, dalam pixel. Ini tidak masuk ke akun untuk mengubah posisi Object dengan Action lain, seperti Set position.
Bullet Action
- Bounce off object
Membuat Bullet memantul dari Object yang baru saja disentuhnya. Karena Action ini dibutuhkan pada saat Bullet menyentuh Object, biasanya hanya berguna pada Event: On collision. Ini juga akan menghitung sudut pantulan (Reflection Angle) untuk memantul secara realistis tergantung pada bentuk dan sudut (Angle) Object. Jika Bullet saat ini tidak tumpang tindih (Overlapping) dengan suatu Object, atau terjebak (Stuck) jauh di dalamnya, Action ini tidak akan berpengaruh. - Set Acceleration
Untuk menetapkan percepatan Bullet dalam pixel per detik per detik. - Set Angle of motion
Untuk menetapkan arah/sudut (Angle) pergerakan Bullet, dalam derajat. - Set enabled
Aktifkan atau nonaktifkan pergerakan. Jika Disabled, Behavior ini akan berhenti menggerakkan Bullet, namun akan mengingat kecepatan (Speed), percepatan (Acceleration) saat ini, dan lain-lain pada saat diaktifkan kembali. - Set gravity
Untuk mengatur percepatan (Acceleration) yang disebabkan oleh gravitasi, dalam pixel per detik per detik. - Set speed
Untuk menetapkan kecepatan gerakan Bullet saat ini, dalam pixel per detik.
Bullet Expression
- Acceleration
Untuk mengambil nilai dari percepatan (Acceleration) Bullet saat ini, dalam pixel per detik per detik. - AngleOfMotion
Untuk mengambil nilai dari arah sudut (Angle) dari pergerakan Bullet yang saat ini bergerak (yang bisa berbeda dengan sudut/Angle dari Object), dalam derajat. - DistanceTravelled
Untuk mengambil nilai dari ‘total jarak’ Bullet yang telah bergerak sejak dibuat, dalam pixel. Ini tidak masuk ke akun untuk mengubah posisi Object dengan Action lain seperti: Set position. - Speed
Untuk mendapatkan kecepatan gerakan Bullet saat ini, dalam pixel per detik.
Komentar
Posting Komentar