Object: Text dapat menampilkan teks menggunakan Font dalam game Anda. Perhatikan bahwa tidak banyak Font yang umum untuk semua komputer – lihat halaman ini (http://web.mit.edu/jmorzins/www/fonts.html) untuk beberapa font web biasa. Sebagai alternatif, Object: Text mendukung Font Web menggunakan Action: Set web font. Lihat tutorial tentang Using Web Fonts in the Text Object (https://www.scirra.com/tutorials/236/using-web-fonts-in-the-text-Object) untuk informasi lebih lanjut.
Object: Text tidak menampilkan apapun jika kotak persegi panjangnya terlalu kecil untuk menampung satu huruf teks. Jika teks tampak tidak terlihat, coba ubah ukurannya menjadi lebih besar.
Text rendering
Browser yang berbeda menampilkan teks dengan cara yang berbeda, dan Layout View pada Construct 2 juga menghadirkan teks secara berbeda terhadap browser lain. Ini berarti Anda akan mendapatkan tampilan Object: Text sedikit berbeda di browser.
Anda harus menguji game Anda di berbagai browser untuk memastikan Object: Text apakah tampilannya sesuai dengan keinginan Anda untuk semua user. Untuk informasi lebih lanjut lihat 2.8. Best Practices.
Font yang tidak didukung di Editor
Untuk alasan teknis, beberapa Font tidak didukung oleh Construct 2 Text Renderer. Ini hanya akan mempengaruhi editor dan tidak berarti Font tidak akan berfungsi di browser – pastikan untuk menguji di berbagai browser. Untuk menjamin bahwa Font yang Anda gunakan tersedia untuk semua orang, sebaiknya gunakan Font Web (https://www.scirra.com/tutorials/236/using-web-fonts-in-the-text-Object) sebagai gantinya.
Text Properties
- Text
Teks awal yang ditampilkan oleh Object. - Initial visibility
Apakah Object ditampilkan atau tidak (terlihat) atau tersembunyi (tidak terlihat) saat Layout dimulai. - Font
Font yang digunakan Object: Text untuk menampilkan teksnya.
Klik tombol ‘...’ di sebelah kanan Font name untuk membuka kotak dialog Font Picker. Font yang dipilih dengan cara ini harus dipasang ke komputer user agar bisa ditampilkan dengan benar.
Karena alasan ini, maka disarankan lebih baik menggunakan Font Web (https://www.scirra.com/tutorials/236/using-web-fonts-in-the-text-Object), dari pada jika Anda memilih font yang tidak biasa. - Color
Untuk memilih warna teks. - Horizontal alignment
Untuk memilih apakah teks itu ditampilkan sejajar/rata kiri, tengah atau kanan dalam persegi panjangnya yang melintang. - Vertical alignment
Untuk memilih apakah teks ditampilkan sejajar/rata atas, tengah atau bawah dalam persegi panjangnya yang melintang. - Hotspot
Untuk memilih apakah Hotspot (atau asal/Origin) pada Object ada di kiri atas dari segiempat yang melintang (Default), atau terpusat.
Ini biasanya hanya penting saat Object: Text diputar. - Wrapping
Pilih bagaimana teks dibungkus (Wrap) di akhir baris.
- Word
: Akan membungkus seluruh kata yang dipisahkan oleh spasi atau tanda hubung. - Character
: Akan membungkus baris berikutnya pada karakter apa pun, yang bisa membagi kata menjadi dua bagian dalam bahasa Latin namun lebih sesuai untuk bahasa lain seperti bahasa Cina. - Line height
Nilai untuk mengubah jarak di antara setiap baris teks, dalam pixel.
Gunakan 0 untuk nilai Default, -5: untuk 5 pixel lebih pendek dari standar, 10: untuk 10 pixel lebih tinggi dari pada Default, dan seterusnya.
Text Conditions
Untuk Conditions yang sama dengan Object lain, lihat 6.1.1. Common Conditions.
- Compare text
Uji apakah Object: Text saat ini menampilkan String/teks tertentu.
Perbandingannya dapat berupa case sensitive (“TEXT” berbeda dengan “teks”) atau case insensitive (“TEXT” dianggap sama dengan “teks”).
Untuk menguji apakah Object: Text tidak menampilkan beberapa teks, gunakan Invert pada Conditions.
Text Actions
Untuk Action yang sama dengan Object lain, lihat 6.1.2. Common Actions.
- Set font color
Mengatur warna teks.
Gunakan Expression dalam bentuk: rgb(merah, hijau, biru). - Set font face
Ubah font yang digunakan dalam menampilkan teks.
Font harus dipasang ke komputer user agar ditampilkan dengan benar.
Karena alasan ini, maka disarankan lebih baik untuk menggunakan Web Font (https://www.scirra.com/tutorials/236/using-web-fonts-in-the-text-Object), daripada jika Anda memilih Font yang tidak biasa. - Set font size
Tetapkan ukuran teks, dalam satuan point (pt). - Set web font
Tetapkan font ke Web Font yang dimuat secara online.
Untuk informasi lebih lanjut lihat tutorial Using Web Fonts in the Text Object (https://www.scirra.com/tutorials/236/using-web-fonts-in-the-text-Object). - Append text
Tambahkan beberapa teks ke akhir teks saat ini.
Misalnya: Jika Object: Text berisi: Hello dan telah ditambahkan: World, Object: Text tersebut kemudian berisi: HelloWorld. - Set text
Tetapkan teks pada Object yang sedang ditampilkan.
Gunakan operator: & untuk menggabungkan teks dan angka.
Untuk informasi lebih lanjut, lihat bagian 4.5.5. Expression.
Text Expressions
Untuk Expression yang sama dengan Object lain, lihat 6.1.3. Common Expressions.
- Text
Mengambil String yang berisi teks pada Object. - TextWidth
- TextHeight
Mengambil ukuran konten teks sebenarnya di dalam kotak Object: Text.
Komentar
Posting Komentar