Langsung ke konten utama

Construct 2 Indonesia Manual: Bab 1. Ikhtisar - 8. Best Practice (Praktik yang baik)

1. Ikhtisar - 8. Best Practice (Praktik yang baik)


Backup Secara Berkala!

Baik perangkat keras maupun perangkat lunak di komputer Anda sangat sempurna, namun kegagalan dan kerusakan sistem sering terjadi tanpa diduga. Segera lakukan backup untuk project Anda untuk menghindari kehilangan data. Ini penting untuk menjaga pekerjaan Anda di tengah proses pengembangan. Jika semua backup Anda berada di komputer yang sama atau disimpan ke disk yang berada di gedung yang sama, kejadian bencana seperti kebakaran, banjir, pencurian atau kegagalan perangkat keras secara simultan dapat menyebabkan Anda kehilangan semua pekerjaan dan backup Anda bersama-sama.

Construct 2 memiliki fitur Built-in untuk memudahkan pembuatan backup otomatis, termasuk Off-site Backup menggunakan Dropbox.

Saran ini tidak tertuju hanya untuk Construct 2 saja. Sangat penting untuk menerapkan praktik ini untuk pekerjaan pada komputer yang penting bagi Anda. Jangan menunggu sampai Anda kehilangan pekerjaan sebelum melakukan ini. Orang sering kehilangan pekerjaan karena melakukan praktik pencadangan yang buruk. Jangan menjadi salah satu dari mereka!


Melakukan Uji Coba Terhadap Semua Web Browser & Perangkat

Sangat disarankan untuk menguji game Anda berjalan seperti yang diharapkan di berbagai browser dan perangkat yang berbeda. Walaupun secara teori HTML5 adalah standar yang diterapkan sama oleh semua browser, dalam praktiknya ada perbedaan antara browser (misalnya: performa, fitur, rendering teks, dll). Anda harus menginstall berbagai browser dan menguji semuanya untuk memastikan game Anda akan berjalan dengan baik untuk semua user. Gunakan Property: Browser preview untuk menguji pada desktop browser dan melakukan pratinjau pada jaringan lokal agar dengan mudah dapat menguji pada mobile browser.


Mendukung Perangkat Sentuh (Touchscreen Device)

Banyak user sekarang menjelajah web dengan perangkat layar sentuh tanpa mouse atau keyboard. Jika memungkinkan, Anda harus merancang game Anda untuk juga mendukung perangkat layar sentuh, mungkin dengan On-screen touch Control. Lihat: tutorial: TouchControl.


Format File Yang Disarankan

Anda mungkin ingin menyiapkan gambar dan audio dengan menggunakan software lain sebelum mengimpor ke Construct 2. Format terbaik untuk digunakan adalah:

32-bit PNG (Portable Network Graphics) untuk gambar. Pastikan untuk memilih 32-bit jika Anda diberi pilihan; Versi 8-bit atau yang lebih rendah akan menurunkan kualitas. PNG 32 bit tidak mengalami kehilangan kualitas gambar dan mendukung transparansi Alpha-channel secara maksimal. Sebagai catatan, Paint Brush bawaan Windows tidak mendukung transparansi PNG. Gunakan editor yang berbeda sebagai gantinya, misalnya: Paint.NET.

Anda juga dapat memilih format ekspor yang berbeda seperti JPEG di dalam Construct 2 untuk mengurangi ukuran project yang telah selesai. Namun saat mengimpor, Anda harus tetap berpegangan pada PNG 32-bit jika memungkinkan, dan biarkan Construct 2 untuk mengkompres ulang gambar saat mengekspor. Untuk informasi lebih lanjut, lihat: Blog Post Image compression in Construct 2.

16-bit PCM WAV untuk audio. Ini biasanya adalah file .wav, tapi perhatikan bahwa tidak semua file .wav adalah PCM 16-bit. Misalnya Anda menggunakan Windows 7 atau yang terbaru, mengimpor file PCM .wav 16-bit ke Construct 2 secara otomatis akan meng-encode ke AAC dan Ogg Vorbis. Ini adalah 2 format yang diperlukan untuk mendukung audio di semua browser. Untuk informasi lebih lanjut, lihat entri manual pada: Bab 2. Antar Muka - 13. Dialogs: 11. Import Audio.


Security (Keamanan)

Jangan pernah memasukkan nama user dan password ke dalam Event Sheet. Ini akan terlihat sebagai teks biasa di Javascript yang diekspor, dan user jahat akan dengan cepat dapat mengendalikan akun tersebut. Jika Anda merasa perlu terhubung ke sesuatu seperti database, tuliskan skrip dari sisi server (Server-side script) yang terhubung ke database, kemudian hubungkan ke URL dari server.


Performance (Kinerja)

Ada sejumlah praktik yang baik yang berkaitan dengan kinerja game (memastikan game selalu berjalan cepat). Mungkin yang terpenting adalah ketika mengembangkan untuk mobile, lakukan uji coba pada target perangkat mobile sejak awal. Komputer Anda bisa 10 atau 20 kali lebih cepat dari perangkat mobile Anda, dan sesuatu yang berjalan cepat di komputer Anda mungkin tidak berjalan mulus pada perangkat mobile.


Penggunaan Memory

Beberapa desainer tergoda untuk merancang seluruh level yang terdiri dari banyak ubin (Tile) dengan gambar besar. Metode ini harus dihindari dengan segala cara karena sangat boros terhadap memori, dan tidak pernah dilakukan oleh desainer game profesional manapun.


Effects

Harap diingat, Effect memerlukan WebGL untuk ditampilkan, yang tidak selalu didukung. Pastikan untuk mengatur penggunaan yang sesuai dan menguji project Anda dengan WebGL yang dinonaktifkan untuk memastikannya akan muncul dengan benar bagi user yang sistemnya tidak mendukung WebGL.


Mengelola Project Secara Tim (Teamwork)

Jika Anda bekerja dalam sebuah tim, Anda mungkin akan menemukan Source-control Software seperti SVN sangat berguna untuk mengelola project berbasis folder. Ini dapat menggabungkan dan menyoroti perubahan yang telah dilakukan oleh masing-masing orang. Terdapat juga history dari semua perubahan yang ada dan rollbacks dapat dilakukan kapan saja. Construct 2 menyimpan data project dalam format: XML sehingga sangat sesuai dengan jenis pengelolaan ini.


Bekerja Secara Individual

Jika Anda mengerjakan project sendiri, mungkin paling mudah menggunakan Single-file Project (file: .capx). Jika project menjadi besar seiring berjalannya waktu, Anda mungkin akan memperhatikan Construct 2 menghabiskan lebih banyak waktu untuk menyimpan dan memuat project dengan melakukan proses Decompressing... atau Compressing CAPX... di status bar. Pada titik ini mungkin berguna untuk mengubah ke Folder-Project yang tidak melakukan semua proses tersebut dan akan membuat penghematan dan pemuatan yang lebih cepat.



Komentar