Langsung ke konten utama

Construct 2 Indonesia Manual: Bab Behavior Reference - 1. 8 Direction

Behavior: 8 Direction memungkinkan sebuah Object untuk bergerak ke atas, ke bawah, kiri, kanan dan diagonal, dikendalikan oleh tombol panah keyboard secara Default. Hal ini sering berguna untuk mengendalikan ‘‘Player’’ dalam game top-down view. Hal ini juga dapat diatur ke 4 arah atau gerakan naik/turun atau kiri/kanan sederhana yang berguna untuk dayung atau Slider.

Gerakan Behavior: 8 Direction dapat terhalang oleh Object dengan Behavior: Solid.

Untuk mengatur kontrol khusus (Custom Controls) atau otomatis, lihat ringkasan 5. Behavior reference.


8 Direction Properties

  • Max speed
    Kecepatan maksimum Object bisa bergerak ke arah manapun, dalam pixel per detik.

  • Accelerate
    Tingkat percepatan pergerakan, dalam pixel per detik per detik (px/s/s). Saat berbalik melawan pergerakan saat ini, Accelerate dan  Decelerate keduanya berkontribusi melambat.

  • Decelerate
    Tingkat perlambatan pergerakan menuju diam jika tidak digerakkan, dalam pixel per detik per detik (px/s/s). Saat berbalik melawan pergerakan saat ini, Accelerate dan  Decelerate keduanya berkontribusi melambat.

  • Direction
    Untuk menetapkan berapa banyak arah pergerakan yang bisa bergerak. secara Default, adalah 8 arah, memungkinkan pergerakan pada diagonal. 4 arah mencegah pergerakan pada diagonal, dan ke atas dan bawah atau kiri & kanan hanya memungkinkan gerakan sepanjang sumbu tunggal.

  • Set Angle
    Untuk menentukan apakah gerakan tersebut juga mempengaruhi arah sudut Object. 360 derajat (halus) akan selalu mengatur sudut Object ke sudut gerak tertentu. Interval 45 derajat akan mengatur sudut Object ke 8 arah yang memungkinkan. Interval 90 derajat akan mengatur sudut Object ke 4 arah yang memungkinkan. Tidak berarti bahwa Behavior tidak akan mengatur sudut Object sama sekali, yang berguna jika Anda ingin mengendalikannya sendiri dengan Event (misalnya: membuat Object mengarah ke kursor mouse).

  • Default controls
    Jika YES, gerakan dikontrol oleh tombol panah pada keyboard. Set ke NO untuk mengatur kontrol kustom menggunakan Action: Simulate control. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Custom Control (Kontrol khusus) dalam ringkasan 5. Behavior reference.

  • Initial state
    Apakah Behavior awalnya diaktifkan atau dinonaktifkan. Jika Disabled, ini dapat diaktifkan saat Runtime menggunakan Action: Set enable.



8 Direction Conditions

  • Compare speed
    Untuk membandingkan kecepatan Object yang sedang bergerak dalam pixel per detik.

  • Is moving
    Benar (TRUE) jika Object memiliki kecepatan tidak nol (tidak berhenti). Kebalikannya (Invert) adalah untuk menguji apakah Object itu berhenti.


8 Direction Actions

  • Reverse
    Balikkan arah gerak. Berguna sebagai Cara mudah untuk memantulkan Object dari suatu rintangan (Obstacle).

  • Set Acceleration
  • Set Deceleration
  • Set max speed
    Ini mengatur Property tersebut, yang dijelaskan di 8 Direction Properties.

  • Set enabled
    Aktifkan atau nonaktifkan gerakan. Jika Disabled, gerakan ini tidak lagi berpengaruh pada Object.

  • Set ignoring input
    Untuk menetapkan input mana yang diabaikan. Jika input diabaikan, menekan salah satu tombol kontrol tidak berpengaruh. Namun, tidak seperti menonaktifkan Behavior, Object bisa terus bergerak.

  • Set speed
    Atur kecepatan pergerakan Object, dalam pixel per detik.

  • Set vector X
  • Set vector Y
    Untuk menetapkan komponen X dan Y dari gerakan, dalam pixel per detik.

  • Simulate control
    Simulasikan salah satu gerakan kontrol yang ditekan. Berfungsi saat mengatur Default control ke NO. Lihat Custom Control (Kontrol khusus) dalam ringkasan 5. Behavior reference untuk informasi lebih lanjut.

  • Stop
    Cara pintas untuk mengatur kecepatan menjadi nol.



8 Direction Expression

  • Acceleration
  • Deceleration
  • MaxSpeed
    Menghasilkan nilai Property tersebut, dijelaskan di 8 Direction Properties.

  • MovingAngle
    Dapatkan sudut gerak (Angle of Motion) dari Object (yang bisa berbeda dengan sudut Object), dalam derajat.

  • Speed
    Dapatkan kecepatan gerakan Object, dalam pixel per detik.

  • VectorX
  • VectorY
    Dapatkan kecepatan saat ini pada masing-masing sumbu (Axis), dalam pixel per detik. Misalnya: jika Object bergerak ke kiri pada 100 pixel per detik, VectorX adalah -100 dan VectorY adalah 0.




Komentar