Dalam Event, Expression digunakan untuk menghitung jumlah atau mengambil informasi dari Object, seperti koordinat X dari Sprite. Expression dimasukkan ke dialog Parameter saat menambahkan atau mengedit suatu Condition atau Action yang memiliki Parameter. Panel Expressions juga ditampilkan pada saat bersamaan dan menyediakan kamus semua System Expression dan Object Expression yang tersedia dalam sebuah Project.
Beberapa contoh Expression, yang dapat berkisar dari bilangan sederhana hingga perhitungan rumit, berada di bawah ini:
0
random(360)
Sprite.X
(Player1.X + Player2.X) / 2
Sprite.8Direction.Speed
Sprite.X + cos(Sprite.Angle) * Sprite.Speed * dt
Number
Sederhananya, Number dimasukkan sebagai Digit, bisa juga dengan bagian pecahan (Fractional) yang dipisahkan oleh titik, misalnya: 5 atau 1.2.
Text (String)
Text juga dikenal sebagai String dalam pemrograman, dan Construct 2 juga terkadang menggunakan kaidah penamaan tersebut. Text dalam Expression harus dikelilingi oleh tanda kutip ganda, misalnya: “Halo”.
Tanda kutip ganda (“ ”) tidak disertakan sebagai bagian dari Text, jadi menetapkan Object: Text untuk menunjukkan ungkapan “Halo” akan membuatnya menunjukkan Halo, tanpa tanda kutip ganda. Untuk menyertakan kutipan ganda dalam sebuah String, gunakan dua tanda kutip ganda di samping satu sama lain (“ ”), misalnya: “Dia berkata ””hai”” kepada saya” akan menghasilkan Dia berkata “hai” kepada saya.
Anda dapat menggunakan tanda: & untuk membuat String dari gabungan Text dan Number, misalnya: “Skor Anda adalah:” & skor.
Untuk menambahkan ganti baris (Linebreak) ke dalam String, gunakan System Expression: newline, misalnya: “Halo” & newline & “dunia”.
Operator
Anda dapat menggunakan Operator berikut dalam Expression:
+ (addition) → penambahan
- (subtrAction) → pengurangan
* (multiplication) → perkalian
/ (division) → pembagian
% (modulo, remainder after division) → sisa dari pembagian
^ (raise to power) → pangkat, misalnya: 5^2 = 25
& (build strings) → penggabungan teks, misalnya: “Skor Anda: ” & skor
Ada juga operator untuk pembanding =, <>, <, <=, >, >= untuk membandingkan nilai. Mereka menghasilkan nilai: 1 jika perbandingan TRUE (benar), atau 0 jika FALSE (salah).
Tanda & juga bisa digunakan sebagai ‘Logical AND’, dan | adalah operator ‘OR’ secara logis. Ini berguna untuk dikombinasikan dengan operator perbandingan, misalnya: skor <0 | nyawa <0, yang juga menghasilkan: 1 jika TRUE (benar) dan 0 jika FALSE (salah).
Tanda ? adalah operator kondisional, yang memungkinkan Anda untuk menguji Condition di dalam Expression. Hal ini sangat berguna bila digunakan dengan operator pembanding dan operator logika.
Dibutuhkan format penulisan:
kondisi ? hasil_jika_true : hasil_jika_false
Misalnya:
nyawa<0 | skor<0 ? “Permainan telah berakhir!” : “Lanjutkan!”
Kondisi tersebut dianggap TRUE (benar) jika tidak nol, dan False (salah) jika nol.
Object Expression
Object memiliki Expression tersendiri untuk mengambil informasi tentang Object. Ini ditulis dalam bentuk Sprite.X (nama Object, sebuah titik, lalu nama Expression). Panel Expressions mencantumkan semua Expression yang tersedia dalam Project, dan semuanya ini didokumentasikan lebih lanjut di bagian ‘Reference’ dari manual ini.
Expression: Self (diri sendiri) dapat digunakan sebagai jalan pintas untuk mengacu pada Object saat ini. Misalnya: dalam Action untuk Object: ‘Player’, Self.X mengacu pada Player.X.
Anda dapat menambahkan indeks Object berbasis 0 (0-Based Index) untuk mendapatkan Expression dari Object Instance yang berbeda. Misalnya: Sprite(0).X mendapatkan posisi X dari Sprite Instance pertama, dan Sprite(1).X mendapatkan posisi X dari Instance kedua. Untuk informasi lebih lanjut lihat Index ID (IID) dalam 6.1. Common features. Anda juga bisa mendapatkan Expression lain untuk indeks. Angka negatif digunakan untuk: mulai dari ujung yang berlawanan, jadi: Sprite(-1).X mendapatkan posisi X dari Sprite terakhir.
Behavior Expression
Jika sebuah Object memiliki Behavior dengan Expression-nya sendiri, maka Object tersebut ditulis dalam bentuk: Object.Behavior.Expression, misalnya: mySprite.8Direction.Speed
System Expression
Expression untuk Built-in System tercantum dalam bagian Reference. Ini termasuk beberapa fungsi matematika dasar seperti: Sqrt (akar kuadrat).
Komentar
Posting Komentar