Langsung ke konten utama

Construct 2 Indonesia Manual: Bab Antar Muka - 10. Layout View

Layout View (Tampilan Layout) adalah tempat untuk mendesain secara visual untuk Object Anda. Ini memungkinkan Anda mengatur tata letak (Layout) dari Object, seperti: Level pada game, menu atau layar judul. Pada Game Engine yang lain, Layout dapat disebut sebagai adegan (Scenes), Room, Frame atau tahapan (Stages). Lihat juga bagian manual 4.2. Layouts.



Layout dapat ditambahkan, diganti namanya dan dihapus dari Project Bar. Layout diedit di Layout View. Setiap Layout memiliki Event Sheet yang terkait untuk menentukan bagaimana Layout bekerja.

Layout berisi setumpuk lapisan yang disebut dengan Layer. Sebenarnya, Object yang muncul di layar tidak ditaruh langsung di Layout – Object tersebut selalu berada di salah satu Layer di dalam Layout.

Kotak bergaris titik-titik di bagian kiri atas menunjukkan ukuran jendela (Screen) pada Layout.



Menambah, mengubah, dan menghapus Object)

Klik dua area yang kosong pada Layout atau klik kanan dan pilih Insert new object untuk menambahkan Object Type baru. Ini akan memunculkan kotak dialog Insert New Object.

Untuk membuat Instance baru dari Object Type yang sudah ada, kita dapat menggunakan Ctrl + seret (Drag) Object Type tersebut, copy dan paste, atau seret dan taruh (Drag & Drop) dari Project Bar atau Object Bar. (Pastikan Anda sudah mengerti dengan jelas mengenai perbedaan antara Object Type dan Instance, seperti: yang dijelaskan dalam 2.3. Project Structure.

Cara pintas untuk mengimpor file gambar sebagai Object: Sprite adalah dengan menyeret dan taruh (Drag & Drop) file gambar dari Windows Explorer ke Layout View. Ini secara otomatis akan membuat Object Type: Sprite baru dengan gambar yang diseret (Drag) tersebut. Jika beberapa file gambar yang diseret, Sprite akan membentuk Animation (Animation) dari kumpulan gambar yang diseret tersebut sebagai Animation Frames.

Instance dapat dipindahkan dengan seret dan lepas (Drag & Drop) menggunakan mouse. Tahan Shift (keyboard) untuk mengunci Axis (Axis-lock) bila kita menyeret secara diagonal. Sebagai alternatif, Instance dapat digeser dengan jarak 1 pixel dengan tombol panah keyboard (tahan Shift untuk menggeser jarak 10 pixel), atau koordinat dapat juga diketik langsung dari Properties Bar.

Tombol Delete atau klik kanan -> Delete akan menghapus Instances. Menghapus semua Instance tidak berarti menghapus Object Type dari Project. Untuk menghapus Object Type harus dihapus melalui Project Bar.

Klik Object untuk memilihnya. Ingat, Object tidak dapat dipilih jika Layer dalam keadaan terkunci. Tahan Ctrl (keyboard) sambil mengklik untuk memilih beberapa Object, atau klik dan seret membentuk persegi untuk memilih semua Object di suatu area. The Properties Bar menampilkan Properties untuk semua Object yang sedang dipilih, sehingga mengubah Properties akan berlaku untuk setiap Object yang dipilih.

Bila satu Object dipilih, akan terlihat ada kotak-kotak kecil (Resize Handle) di sekelilingnya, yang berfungsi untuk mengatur ukuran Object.


Klik dan seret salah satu kotak kecil tersebut untuk mengubah ukuran Object. Tahan Shift pada keyboard untuk mengubah ukuran Object secara proporsional. Ukuran kotak-kotak kecil (Resize Handle) tersebut dapat diubah dalam Preference.

Object yang bisa diputar seperti: Sprite juga memiliki pengatur sudut (Angle Handle) yang mengacu kepada Object’s Origin (mungkin bisa juga kita sebut dengan titik asal/pusat dari Object). Ini bisa diklik dan diseret (Click & Drag) untuk mengubah sudut Object. Sebagai alternatif, sudut dapat diatur di Properties Bar.


Menggunakan Tilemap

Jika Anda mendesain game berbasis Tile (Tile-based), Anda dapat memasukkan Object: Tilemap dan mengedit Tile di Layout View. Untuk mengetahui lebih lanjut, lihat manual entry di 3.8. Tilemap Bar.


Scrolling dan Zooming

Ada 3 cara untuk melakukan scroll pada Layout View:

  1. The vertical dan horizontal Scrollbar: Terletak pada sisi kanan dan sisi bawah pada Layout View.
  2. Tahan tombol tengah pada mouse dan seret (Drag).
  3. Tahan tombol Space pada keyboard dan geser mouse (sangat berguna pada laptop dengan Track Pads).

Pada pengguna desktop, menyeret dengan tombol tengah mouse mungkin adalah cara yang paling mudah untuk bergerak di sekitar Layout.


Zooming befungsi untuk fokus pada area kecil atau melihat keseluruhan Layout. Ada beberapa cara untuk melakukan Zoom:

  • Tombol Zoom pada Ribbon di Tab View (tahan Shift keyboard sambil mengklik untuk menyesuaikan tingkat Zoom).
  • Tahan Ctrl keyboard dan Scroll mouse. Tahan Ctrl dan Shift untuk memperbesar secara Integer Steps (misalnya: 100%, 200%, 400% ...)
  • Tombol + dan - pada Numpad keyboard (tahan Shift untuk menyesuaikan tingkatan Zoom).
  • Tingkatan Zoom yang sedang aktif ditampilkan di Status Bar. Tekan Ctrl + 0 untuk kembali ke Zoom 100%.



Selection wrapping (Membungkus object-object yang dipilih)

Jika Anda memilih dua atau lebih Object, Anda dapat membungkus (Wrap) Object yang dipilih tersebut dengan menekan Enter atau mengklik kanan dan memilih Wrap selection. Hal ini memungkinkan Anda untuk memutar (Rotate) dan mengubah ukuran (Resize) dari Object terpilih secara keseluruhan.

Pilihan yang dibungkus (Wrap) terlihat dengan kotak pilihan merah bukan biru, seperti: gambar di bawah ini:


Dengan menggunakan pengaturan ukuran (Resize Handle) berwarna merah, kita bisa membuat ukuran lebih besar terhadap seluruh Object yang dipilih.


Pengatur putaran (Rotate Handle) merah juga bisa digunakan untuk memutar seluruh pilihan di sekitar titik tengah seleksi. Jika Anda mengklik sebuah Object saat pilihan dibungkus (Wrapped), Rotate Handle berpindah ke titik Origin dari Object yang diklik. Hal ini memungkinkan Anda untuk kemudian memutar seluruh Objects yang dipilih di titik asal (Origin) Object yang diklik tadi, bukannya di titik tengah dari Object yang dipilih.



Lain-lain

Untuk membuka Event Sheet yang terkait dengan Layout, tekan Ctrl + E atau Ctrl + Tab atau klik kanan dan pilih Edit event sheet.

Z Order sebuah Object dalam Layer dapat disesuaikan dengan mengklik kanan dan memilih Z Order - meletakkannya ke atas atau ke bawah di dalam Layer. Anda juga dapat memilih menu: edit Z Order ... untuk membuka Z Order Bar untuk pengaturan lebih lanjut.

Object bisa menempel ke Grid (Snap to Grid) untuk penempatan Tile, dan poligon tabrakan (Collision Polygon) dari Object yang ditampilkan juga bisa diatur. Tab View pada Ribbon menyediakan Option ini.

Menu klik kanan pada Layout View juga menyediakan beberapa mode perataan (Alignment Tools) di dalam sub menu: Align. Ini memungkinkan Anda dapat dengan cepat mengatur jarak Object agar sama persis atau menyelaraskan Object di sepanjang tepi mereka. Saat menyelaraskan, Object disejajarkan dengan Object tertentu yang Anda klik kanan.

Jendela editor gambar atau Animation (Image/Animation Editor) dapat dibuka dengan mengklik dua kali Object yang memiliki fitur gambar atau Animation seperti: Tiled Background dan Sprite.



Effects previewing

Effect akan ditampilkan dalam Layout View jika WebGL diaktifkan di Project Properties. Jika WebGL dinonaktifkan, Layout View akan dipratinjau (Previewed) seperti: pada saat game dijalankan (Runtime), tanpa menampilkan Effect apa pun.





Komentar