Langsung ke konten utama

Construct 2 Indonesia Manual: Bab Elemen Dasar (Project Primitives) - 4. Object 3. Instance

Instance Object adalah Object sebenarnya yang Anda lihat dalam sebuah game: sebuah Instance dari Object Type. Misalnya: jika ada 4 ‘TrollEnemy’ dalam sebuah Layout, itu adalah 4 Instance dari Object Type: TrollEnemy.

Yang memiliki posisi, sudut dan ukuran dalam Layout adalah Instance. Object Type tidak memiliki Property ini - hanya mendefinisikan ‘kelas’ dari sebuah Object.

Instance dapat dibuat saat Runtime dalam Event System (biasanya oleh System Action: Create object dan Sprite Action: Spawn an object). Instance tersebut juga dapat diatur dalam Layout dengan Layout View untuk merancang Level, Menu dan Title Screen.

Memilih sebuah Instance di Layout View menunjukkan Property-nya di Properties Bar. Ini adalah gabungan antara Property yang sama dengan semua (atau sebagian besar) Object, dan Plugin-spesific Properties. Property umum dijelaskan di bawah ini, dan Plugin-spesific Properties dijelaskan untuk setiap Plugin di 6. Plugin Reference.


Properties yang umum dimiliki setiap Instance

Property berikut umum untuk semua atau sebagian besar Object, tergantung pada kemampuan mereka.

  • Name
    Nama Object Type yang terkait.

  • Plugin (read only)
    Plugin yang menentukan (jenis) Object ini.

  • Global
    Saat game berjalan, Secara Default, semua Instance hancur (Destroyed) saat Layout berakhir (misalnya: Saat pergi ke (Go to) Layout berikutnya). Jika nilai Global adalah YES, tidak ada Instance dari Object Type ini yang akan dihancurkan (Destroyed) saat berganti Layout.

  • Layer
    Layer tempat Instance diletakkan.

  • Angle
    Sudut dalam derajat dari orientasi Instance (arah Instance menghadap). Sebagai alternatif, Hal ini juga bisa dirotasikan secara manual menggunakan Angle Handle dari Instance di Layout View.

  • Opacity (kepekatan)
    Kepekatan Instance (atau semitransparan), dari 0 (transparan) sampai 100 (Opaque / pekat / terlihat jelas).

  • Position
    Koordinat X dan Y dalam Layout, ukuran dalam pixel. Ini diukur pada titik Origin dari Object (lihat 3.13.12. Image Point). Hal ini juga bisa diubah dengan menggerakkan Instance secara manual di Layout View.

  • Size
    Lebar dan tinggi Instance, ukuran dalam pixel. Hal ini juga dapat diubah dengan menarik Resize Handle pada Instance di Layout View, saat sebuah Instance dipilih.

  • Edit Variables
    Buka dialog Instance Variable.

  • Edit Behaviors
    Buka dialog Behaviors.

  • Edit Effects
    Buka dialog Effects.



Komentar