Langsung ke konten utama

Construct 2 Indonesia Manual: Bab 3. Elemen Dasar (Project Primitives) - 5. Event

Event adalah fitur utama Construct 2: Daripada bahasa Scripting atau pemrograman yang rumit dengan sintaks yang kompleks dan kesalahan yang sulit, Anda dapat menentukan bagaimana game bekerja dengan menggunakan sistem: blok logika (Logical Block). Blok-blok tersebut secara kolektif disebut sebagai Event, walaupun ada beberapa jenis blok yang membentuk sebuah Event Sheet.

Event System pada Construct 2 mungkin terlihat asing bagi user baru. Lihat bagian 4.5.1. Cara kerja Event sebagai ringkasan bagaimana menggunakannya. Event bukan blok ‘Cookie-cutter’ yang membatasi apa yang bisa Anda lakukan. Sebaliknya mereka dirancang untuk menyediakan alat dasar yang Anda butuhkan untuk membuat game yang canggih.

Konsep dasar Event adalah bahwa Condition menyaring (Filter) dari suatu Instance yang memenuhi syarat, maka Action-nya hanya berlaku untuk Instance tersebut. Hal ini memungkinkan Anda untuk mengendalikan Instance secara independen, terutama bila digunakan dengan Instance Variable. Kesalahpahaman yang umum adalah bahwa semua Instance dari Object harus bertindak sama. Itu sama sekali tidak terjadi: konsep dasar dari cara kerja Event adalah untuk menyaring individu Instance, dan menjalankan Action hanya pada Instance yang memenuhi syarat pada Condition tertentu.

Event diedit dalam Event Sheet View menggunakan dialog Add Condition/Action, panel Parameters dan Expressions.

Diagram Event sederhana ditunjukkan di bawah ini. (Ini tidak menunjukkan semua fitur dari Event – sisanya akan dijelaskan nanti.)


Bagian yang membentuk Event dirangkum di bawah ini. Periksa setiap bagian manual yang relevan untuk informasi lebih lanjut tentang masing-masing bagian. Lihat 4.5.1. Cara kerja Event untuk ringkasan tentang bagaimana menggunakan Event.

Event biasanya terdiri dari Condition yang harus dipenuhi, Action yang dijalankan jika terpenuhi, dan secara opsional ada Sub-event untuk menguji Condition lain lebih lanjut, menjalankan Action lain, dll. Contoh: jika Condition: Bullet bertabrakan (Collide) dengan Alien terpenuhi, Action: Destroy Alien akan dilaksanakan, dan Action: Destroy hanya berpengaruh kepada Instance yang terlibat dalam Condition ini.

Condition: Menguji kriteria tertentu yang terpenuhi. Condition akan menyaring Instance yang memenuhi kondisi tersebut.

Action: Membuat sesuatu terjadi. Action hanya mempengaruhi Instance yang disaring oleh Event Condition.

Expression: Dapat menghitung nilai, atau mengambil nilai dari Object, seperti koordinat X dari Sprite.

Sub-event: Event yang berada di dalam Event lainnya, tampil menjorok ke dalam (Indented) di Event Sheet. Condition di dalamnya dapat menyaring lebih lanjut Instance dan menjalankan Action lainnya.

Event Group: bisa digunakan untuk mengelompokkan Event. Group juga dapat diaktifkan dan dinonaktifkan secara keseluruhan.

Comment: Memungkinkan Anda untuk menulis catatan dan deskripsi untuk Event. Comment biasanya ditempatkan di atas blok Event yang mereka jelaskan. Hal ini penting untuk membantu menjaga sebuah Project besar yang terorganisasi dengan baik dan mudah dipelihara.

Include Event: Dapat berbagi Event Sheet di antara Layout. Ini sangat efisien daripada Anda harus menyalin dan menempelkan semua Event Anda untuk setiap Layout tunggal. Menyertakan secara efektif merupakan ‘Copy-Paste’ otomatis dari konten Event Sheet itu ke Event Sheet yang lain.

Event Variable: Dapat menyimpan angka dan teks secara Global (untuk semua Layout) atau Local (untuk rentang Event tertentu).

Event Sheet: Adalah daftar Event Ini dapat dihubungkan (Assigned) ke Layout tertentu, atau disertakan ke Event Sheet lainnya.




Scripting

Construct 2 menggunakan Event System secara eksklusif dan sama sekali tidak mendukung Scripting dalam editor. Ini karena Event System cukup kuat untuk menggantikan Scripting sepenuhnya. Namun, jika Anda seorang Programmer, Anda mungkin tertarik untuk memperluas Construct 2 menggunakan Javascript SDK (https://www.scirra.com/manual/15/sdk).




Komentar