Behavior: Car memungkinkan suatu Object dipercepat maju dan mundur dan memiliki kemudi. Ini juga memiliki fitur “Drift” sederhana dimana Object dapat “Meluncur” (Skid) di sekitar tikungan (dengan menunjuk ke arah yang berbeda dengan arahnya). Sebagai contoh Behavior: Car lihat contoh Behavior: Car di dialog Start.
Secara Default, Object dikontrol oleh tombol panah pada keyboard (Atas untuk percepat, Bawah untuk rem, kiri dan kanan untuk kemudi). Untuk mengatur kontrol khusus (Custom Control) atau otomatis, lihat ringkasan 5. Behavior reference.
Behavior: Car akan memantul bila menabrak Object apapun yang memiliki Behavior: Solid. Efek pantulan bergantung pada sudut tabrakan, tabrakan sekilas mendorong ‘Mobil’ keluar dari jalurnya saat ini, sedangkan tabrakan langsung menghentikannya. Jumlah kecepatan yang hilang tergantung pada Property: Friction (Gesekan).
Car Properties
- Max speed
Kecepatan maksimal Car bisa melaju kencang, dalam pixel per detik (px/s). - Acceleration
Percepatan Car melaju kencang, dalam pixel per detik per detik (px/s/s). - Deceleration
Tingkat mengerem Car, dalam pixel per detik per detik (px/s/s). - Steer speed
Kecepatan Car berputar saat kemudi, dalam derajat per detik. - Drift recover
Tingkat Car pulih dari Drift, dalam derajat per detik. Dengan kata lain, inilah tingkat sudut gerak (Angle of motion) yang tertangkap dengan sudut Object. Sudut gerak tidak akan pernah lebih dari 90 derajat dari sudut Object. Jika Drift recover lebih besar atau sama dengan Steer Speed, tidak ada Drift yang pernah terjadi. Semakin rendah Drift recover, semakin besar Car akan melayang (Drift) di tikungan. - Friction
Jumlah kecepatan yang hilang saat bertabrakan dengan Object: Solid, dari 0 (tidak ada gesekan) sampai 1 (kecepatan tidak terpengaruh sama sekali). Misalnya, untuk memperlambat kecepatan turun setengah saat bertabrakan dengan Object: Solid, set Friction ke 0.5. - Set Angle
Jika YES, Behavior akan mengatur sudut Object. Jika NO, Behavior itu tidak pernah mengubah sudut Object. - Default controls
Jika YES, gerakan Car dikontrol oleh tombol panah pada keyboard. Set ke NO untuk mengatur kontrol khusus. Untuk informasi lebih lanjut lihat ringkasan 5. Behavior reference. - Initial state
Apakah Behavior awalnya diaktifkan atau dinonaktifkan. Jika Disabled, ini dapat diaktifkan saat Runtime menggunakan Action: Set enabled.
Car Conditions
- Compare speed
Bandingkan kecepatan Car saat ini, dalam pixel per detik. - Is moving
TRUE jika kecepatan saat ini tidak nol. ‘Invert’ (Balikkan) untuk menguji apakah Car dihentikan.
Car Actions
- Set Acceleration
- Set Deceleration
- Set drift recover
- Set friction
- Set max speed
- Set steer speed
Untuk mengatur Property tersebut. Lihat Car Properties untuk informasi lebih lanjut. - Set enabled
Aktifkan atau nonaktifkan gerakan Car. Jika Disabled, gerakan ini tidak lagi berpengaruh pada Object. - Set ignoring input
Untuk mengabaikan input mana yang diabaikan. Jika input diabaikan, menekan salah satu tombol kontrol tidak berpengaruh. Namun, tidak seperti menonaktifkan Behavior, Object bisa terus bergerak. - Set speed
Atur kecepatan Car, dalam pixel per detik. - Simulate control
Simulasikan salah satu gerakan kontrol yang ditahan. Berguna saat mengganti Default Control ke Custom Control (kontrol khusus). Lihat Custom Control dalam ringkasan 5. Behavior reference untuk informasi lebih lanjut. - Stop
Action pintas untuk mengeatur kecepatan menjadi nol.
Car Expressions
- Acceleration
- Deceleration
- DriftRecover
- Friction
- MaxSpeed
- SteerSpeed
Untuk mengambil nilai Property tersebut. Lihat Car Properties untuk informasi lebih lanjut. - MovingAngle
Untuk mendapatkan sudut gerak (Angle of Motion) (yang bisa berbeda dengan sudut Object), dalam derajat. - Speed
Untuk mendapatkan kecepatan gerakan Object saat ini, dalam pixel per detik. - VectorX
- VectorY
Dapatkan kecepatan saat ini pada masing-masing sumbu (Axis), dalam pixel per detik. Misalnya: jika Object bergerak ke kiri pada 100 pixel per detik, VectorX adalah -100 dan VectorY adalah 0.
Komentar
Posting Komentar