Behavior: Solid membuat Behavior lain bereaksi terhadap Object seolah-olah itu adalah hambatan yang tidak dapat dilewati. Object dengan Behavior ini disebut sebagai Solids. Ini mempengaruhi Behavior lain sebagai berikut:
|
: | yang pergerakannya dapat terhalang oleh Solids. |
|
: | yang secara opsional dapat mendorong/memantul dari Solids. |
|
: | yang memantul dari Solids. |
|
: | yang secara Default memiliki jangkauan pandangan yang terhalang oleh Solids. |
|
: | yang bisa mendarat di Solids. Platform tidak bisa melompat melalui Solid dari bawah – untuk ini, gunakan Behavior: Jump-thru. |
|
: | yang secara Default menggunakan Solid sebagai hambatan jalan. |
Perhatikan: bahwa Behavior: Physics tidak terpengaruh oleh Object: Solid. Sebagai gantinya, gunakan Behavior: Physics dengan Immovable diset ke YES.
Behavior: Solid tidak memiliki Properties, Condition, Action dan Expression selain Property: Initial state dan Action: Set enabled. Karena itu, ia juga dikenal sebagai Attribute. Behavior: Solid adalah atribut mendasar dalam Construct 2, dan beberapa fitur Construct 2 lainnya juga berinteraksi dengan Object: Solid. Misalnya: Behavor: Custom movement memiliki Action untuk mendorong Object keluar dari Solid.
Avoid crushing/trapping Objects with Solids (Hindari menghimpit/menjebak Object dengan Solid)
Behavior yang merespons Behavior: Solid biasanya bisa terjebak jika Object: Solid menghimpit atau menjebak Object jauh di dalam Object: Solid. Dalam hal ini tidak ada solusi untuk gerakan tersebut. 3 pilihannya adalah:
- Biarkan Object macet,
- Membiarkan Object bergerak di dalam Solid, atau
- Pindahkan (Teleport) Object ke tempat bebas terdekat, yang dalam beberapa kasus bisa sangat jauh.
Karena pilihan 2 dan 3 dapat menyebabkan gangguan janggal jika diperbolehkan, Construct 2 dengan sengaja akan membuat Object tidak dapat bergerak, dan inilah tujuan Behavior yang dimaksud. Karena itu, terserah kepada Anda untuk merancang game Anda sedemikian rupa sehingga ‘Player’ tidak dapat terhimpit atau terjebak dengan menggerakkan Object: Solid. Anda harus sangat berhati-hati saat memindahkan Solid terhadap Solid lain.
Hanya dengan menggerakkan (atau mengaktifkan kembali) Solid, atau menggunakan Action: Set position, Object itu bisa menjadi terjebak. Jika tidak Solid yang bergerak dalam game Anda dan Anda tidak memindahkan (Teleport) ‘Player’ ke posisi di sekitarnya dengan Action: Set position, seharusnya ‘Player’ tidak akan pernah terjebak dalam Solid.
Solid Properties
- Initial state
Untuk menetapkan apakah Behavior awalnya diaktifkan atau dinonaktifkan. Jika Disabled, Object tidak lagi bertindak seolah-olah padat, dan Object lain akan bisa melewatinya.
Solid Conditions
- Is enabled
TRUE jika Behavior saat ini diaktifkan. Ini dapat diubah oleh Property: Initial state atau Action: Set enabled.
Solid Actions
- Set enabled
Mengaktifkan atau menonaktifkan Solid untuk Object ini. Berhati-hatilah untuk tidak menjebak Object dengan mengaktifkan Solid saat benda saling tumpang tindih (Overlapping); lihat bagian Avoid crushing/trapping Objects with Solids.
Komentar
Posting Komentar