Behavior: Anchor berguna untuk mengatur posisi Object secara otomatis relatif terhadap ukuran jendela (Window). Ini berguna untuk mendukung beberapa ukuran layar. Untuk informasi lebih lanjut tentang fitur untuk mendukung beberapa ukuran layar, lihat tutorial Supporting multiple screen size (https://www.scirra.com/tutorials/73/supporting-multiple-screen-sizes).
Positioning Objects relative to the window size (Mengatur posisi Object relatif terhadap ukuran jendela)
Di bagian kiri atas Layout View, garis besar bertitik merupakan ukuran Default jendela pada game. Object yang memiliki Anchor harus diposisikan di dalam area jendela bertitik, seperti yang ditunjukkan di bawah ini.
Sekarang, jika jendela diubah ukurannya selama pratinjau (Preview), Object akan mempertahankan posisi relatifnya, seperti yang ditunjukkan di bawah ini:
Ini berguna untuk elemen antarmuka (Interface) seperti pemberitahuan (Notification) dan Heads-up Display (HUD).
Relative positioning
Left edge (Tepi kiri) dan Right edge (Tepi kanan) memposisikan Object relatif terhadap sudut jendela, tanpa mengubah ukuran Object. Misalnya: jika Left edge diatur ke kanan Window, Object akan selalu berada pada jarak yang sama dari tepi kanan jendela.
Right edge (Tepi kanan) dan Bottom edge (Tepi bawah) mengubah ukuran Object relatif terhadap sudut jendela. Misalnya: jika Anda ingin Tiled background lebih melebar sama dengan jendela, atur Right edge ke Window right.
Anchor Conditions, Actions and Expressions
Behavior: Anchor hanya memiliki satu Action:
- Set enabled
Untuk menetapkan apakah Behavior diaktifkan atau dinonaktifkan. Jika Disabled, Behavior tidak akan mengubah ukuran atau posisi Object.


Komentar
Posting Komentar