2. Antar Muka - 6. Layers Bar
Layers Bar digunakan untuk menambahkan, mengedit dan menghapus Layer dalam Layout. Layer diibaratkan seperti: selembar kaca yang dilukis. Hal ini memungkinkan mengatur dengan mudah untuk menampilkan Object di atas/depan Object lain, misalnya: menampilkan Object foreground di depan Sprite background. Hal ini juga memungkinkan untuk menampilkan efek kedalaman yang menarik seperti: Parallax, dan Layer dapat secara individual diberi skala dan dirotasi.
Layer bisa ditarik dan lepas (Drag & Drop) di Layers Bar untuk mengubah urutannya. Layer di bagian bawah daftar ditampilkan di bagian belakang/bawah (misalnya: Object untuk background), dan Layer di bagian atas daftar ditampilkan di bagian depan (misalnya: Object: HUD).
Memilih Layer akan menampilkan Properties dari Layer tersebut di Properties Bar dan juga menetapkannya sebagai Layer aktif bila diletakkan sebuah Object baru. Lihat: Active Layer Property dalam Bab 3. Elemen Dasar (Project Primitives) - 2. Layout untuk informasi lebih lanjut.
Daftar Layer
Setiap Layer di dalam daftar memiliki:
- Kotak centang
Untuk mengubah apakah Layer terlihat/tidak pada editor (ini tidak mempengaruhi game saat melihat pratinjau (Preview) atau mengekspor. - Ikon gembok (Padlock Icon)
Mengeklik ini akan mengaktifkan status terkunci /terbuka pada Layer. Jika Layer terkunci, Object pada Layer itu tidak dapat dipilih di editor.
Ini berguna untuk mencegah pemilihan (Selecting) yang tidak disengaja, pada Layer yang jarang digunakan, seperti: latar belakang (background). - Nomor di sebelah kanan
Ini adalah indeks penomoran berbasis nol dari Layer (Layer pertama adalah angka 0, bukan 1).
Jika Anda perlu memasukkan nomor Layer di Event System, ini adalah nomor Layer yang dimaksud.
Anda juga dapat memasukkan nama Layer dalam Event System yang mungkin akan lebih mudah jika Anda menyusun ulang urutan Layer secara teratur.
Layers Toolbar
Ikon-ikon di sepanjang bagian atas menyediakan cara pintas untuk mengedit Layer.
Layer dapat ditambahkan dan ada pilihan alternatif untuk visibilitas Layer dan penguncian.
Ada juga tombol Rename (F2 pada keyboard) dan Delete (Delete pada keyboard).
Layer juga dapat diubah namanya dengan mengklik salah satu Layer yang dipilih, mirip seperti: mengganti nama file di Windows Explorer.
Yang terakhir, ada tombol Move up dan Move down, sebagai alternatif dari tarik dan taruh (Drag & Drop) dalam menyusun ulang urutan Layer.

Komentar
Posting Komentar