Langsung ke konten utama

Construct 2 Indonesia Manual: Bab Plugin Reference - 17. Mouse

Object: Mouse memungkinkan Project merespons masukan mouse.

Catatan: Pada web modern, naif untuk mengasumsikan bahwa semua user memiliki mouse. Banyak user sekarang menjelajah web dengan perangkat layar sentuh yang tidak memiliki mouse. Oleh karena itu jika game Anda menggunakan kontrol mouse atau keyboard secara eksklusif, tidak mungkin menggunakan perangkat sentuh. Lihat tutorial Touch control (https://www.scirra.com/tutorials/202/touch-controls-and-a-trick-to-detect-input-method) untuk sistem kontrol alternatif.

Jika Anda hanya menggunakan klik kiri saja, daripada menggunakan Object: Mouse, lebih baik pertimbangkan untuk menggunakan Object: Touch dengan Property: Use Mouse Input diset ke YES. Ini akan memungkinkan game Anda juga dapat bekerja pada perangkat layar sentuh tanpa perubahan lebih lanjut.



Selecting elements in the page

Secara Default, browser memilih elemen di halaman saat user mengeklik dan menyeret (Click & Drag). Construct 2 memblokir kanvas itu sendiri, agar tidak dapat dipilih sehingga game tidak terpengaruh oleh klik dan seret secara cepat. Namun, jika game Anda disematkan di laman lain, user mungkin secara tidak sengaja memilih elemen laman lainnya. Anda dapat menambahkan atribut berikut ke elemen HTML untuk mencegahnya dipilih:

onselectstart = "return false;"

Anda dapat menambahkan ini ke Tag <body> untuk mencegah pilihan di keseluruhan halaman, namun perlu diperingatkan hal ini dapat menyebabkan kesulitan bagi user jika ada sesuatu yang mungkin diinginkan oleh user untuk benar-benar memilih di halaman.


Mouse Conditions

  • Cursor is over Object
    TRUE jika kursor Mouse melayang di atas Object.

  • Mouse button is down
    TRUE jika tombol mouse (kiri, tengah atau kanan) saat ini sedang ditekan/turun.

  • On any click
    Dipicu saat tombol yang mana saja Mouse diklik.
    Berguna untuk ‘Title Screen’ atau bagian adegan (Cutscenes).

  • On button released
    Dipicu saat tombol Mouse dilepaskan.

  • On click
    Dipicu saat tombol mouse tertentu ditekan.
    Ini juga bisa digunakan untuk mendeteksi klik dua kali (Double click).

  • On mouse wheel
    Dipicu saat roda Mouse (jika ada) digulirkan naik atau turun.
    Catatan: Menambahkan pemicu ini di manapun dalam game Anda akan mencegah roda Mouse menggulir halaman di browser, jadi gunakan ini dengan hati-hati.

  • On Object clicked
    Dipicu saat tombol Mouse ditekan saat kursor berada di atas Object tertentu.
    Ini juga bisa digunakan untuk mendeteksi klik dua kali pada Object tersebut.



Mouse Actions

  • Set cursor from sprite
    Atur gambar kursor dari Object: Sprite.
    Ini lebih baik untuk membuat Sprite ke koordinat kursor Mouse, karena Lag masukan (Input) jauh lebih rendah.
    Berbagai keterbatasan berlaku: Gambar Sprite digunakan seperti yang muncul pada editor gambar, tidak termasuk ukuran atau rotasi dalam Layout; gambarnya tidak boleh terlalu besar (batas biasanya 64x64); dan support bervariasi tergantung browser dan OS.

  • Set cursor style
    Tetapkan jenis kursor Mouse yang ditampilkan untuk kanvas di halaman HTML.
    Kursor bisa disembunyikan sepenuhnya dengan memilih: None.



Mouse Expressions

  • AbsoluteX
  • AbsoluteY
    Mengambil posisi kursor Mouse di area kanvas di halaman HTML.
    Ini adalah (0, 0) di kiri atas kanvas dan naik ke ukuran jendela. Hal ini tidak dipengaruhi oleh Scrolling atau Scaling dalam game.

  • X
  • Y
    Mengambil posisi kursor Mouse dalam koordinat game.
    Ini adalah (0, 0) di kiri atas Layout. Ini berubah berdasarkan/mencerminkan pengguliran (Scrolling) dan penskalaan (Scalling). Namun, jika Layer individu telah digulir, diskalakan atau diputar, Expression ini tidak memperhitungkannya – untuk kasus tersebut, gunakan versi Layer di bawah ini.

  • X("Layer")
  • Y("Layer")
    Mengambil posisi kursor Mouse dalam koordinat game, dengan pengguliran, penskalaan dan rotasi yang diambil berdasarkan Layer yang diberikan.
    Layer dapat diidentifikasi dengan nama atau indeks berbasis nol (misalnya: Mouse.X(0)).




Komentar