Layout adalah tempat untuk meletakkan, menyusun, mengatur Object secara visual. Ini bisa dikatakan sebagai Game Level, Menu atau Title Screen. Pada Game Design Tool yang lain, Layout dapat disebut sebagai adegan (Scenes), ruangan (Rooms), Frames atau tingkatan (Stages). Layout dapat ditambahkan, diganti namanya dan dihapus dari Project Bar. Layout diedit di Layout View. Setiap Layout memiliki Event Sheet terkait yang menentukan bagaimana Layout bekerja.
Layout berisi setumpuk Layer. Object yang muncul di layar tidak diletakkan langsung ke Layout – semua Object tersebut diletakkan di salah satu Layer dalam Layout.
Layout tidak memiliki warna latar belakang (Background) alias transparan. Untuk mengatur warna Background, buat Layer paling bawah menjadi pekat (Opaque) dan atur warna latarnya. Hal ini bisa dilakukan di kotak Layer (Layers Bar).
Layout juga dapat memiliki Effect yang diterapkan, yang mempengaruhi semua konten yang muncul di layar.
Menambah dan menghapus Layout
Untuk menambahkan Layout, klik kanan folder Layout (seperti tingkat akar (Root Level Layouts)) di Project Bar dan pilih Add Layout.
Layout Properties
Property untuk Layout dapat diedit di Properties Bar setelah mengeklik ruang kosong di Layout atau memilih nama Layout di Project Bar.
- Name
Nama dari Layout ini. - Event sheet
Event Sheet terkait yang menentukan bagaimana Layout ini bekerja. Event Sheet dapat dibagi antara beberapa Layout menggunakan Include jika Anda memiliki banyak Event serupa di antara beberapa Layout. - Active layer
Ini adalah Layer untuk meletakkan Object Baru ke dalamnya. Hal ini juga diatur dengan memilih Layer di Layers Bar. Layer yang aktif ditampilkan di Status Bar dan juga ditampilkan sebagai Tooltip saat memasukkan Object Baru. Semua Object Baru yang ditambahkan akan dimasukkan ke Layer yang aktif. - Unbounded scrolling
Secara Default game window tidak dapat menggulir (Scrolled) melewati tepi Layout. Atur ini ke YES untuk memungkinkan pengguliran (Scrolling) tak terbatas ke segala arah, walaupun melewati tepi Layout. - Layout size
Ukuran, dalam pixel, dari area Layout. Jika Unbounded scrolling adalah ON, opsi ini tetap mempengaruhi luas area Layout yang ditampilkan pada Layout View. - Margins
Ukuran, dalam pixel, dari Margin. Margin adalah area abu-abu di luar area Layout. Ini hanya mempengaruhi Layout View dan tidak berpengaruh saat melihat pratinjau (Preview). - Project properties
Link untuk membuka Project Properties. Lihat bab Elemen Dasar (Project Primitives) - 1. Project.


Komentar
Posting Komentar